0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT - Pelayanan permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Klas II Belawan terkendala, pasca trouble jaringan pembayaran sistem online perbankan belakangan ini. Kamis (28/05/2015).

Selain berdampak gagalnya proses input biaya pembuatan paspor dari pemohon melalui sistem online BNI 1946, juga mengakibatkan tertundanya sesi perekaman foto, sidik jari, dan wawancara pemohon paspor.

Sehingga sejumlah pemohon yang telah datang dikantor imigrasi,harus menunggu lama. Bahkan sebagian dari mereka terpaksa gigit jari, karena berkas mereka samasekali tidak bisa diproses lebih lanjut hari itu di bagian kasir Imigrasi.

Karenanya, para pemohon yang telah menunggu sejak pagi hingga siang, termasuk diantaranya para calon TKI, akhirnya terpaksa pulang dan disarankan petugas untuk datang kembali pada esok hari.

Para Pemohon paspor minta perhatian pemerintah menyediakan counter bank di kantor-kantor imigrasi dengan demikian pembayaran bisa langsung dan tidak ada kendala lagi, seperti harus menganti baik di kantor imigrasi atau antrian di bank .

Dengan demikian layanan kepada masyarakat lebih 'efisien' Sehingga masyarakat pemohon tidak merasa dikecewakan dengan kasus seperti ini lagi.

Apalagi saat ini dalam pembayaran pembuatan paspor, Kantor Imigrasi hanya bekerjasama dengan satu bank saja. Selain itu juga masyarakat juga mengalami sedikit repot mengingat jarak lokasi antara BNI 46 dengan Kantor Imigrasi Belawan cukup jauh,“ Sudah seharusnya di Belawan diterapkan sistem pembayaran satu atap, bila memungkinkan juga menghadirkan mobile perbankan atau counter bank di kantor imigrasi “ Kata Gunawan salah seorang pemohon pada media ini.

Terkait masalah ini Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II Belawan Bagus Putu TS SH mengatakan untuk pelayanan pemohon paspor yang sudah bayar di BNI tidak ada kendala dalam pengurusan paspor dan pihaknya sampai jam 5 sore memproses permohonan paspor agar tidak menumpuk berkas permohon di Kanim Belawan “ Ungkap Bagus

Sementara Heri laut Ketua Koni Belawan, Wakil Ketua PP PAC Kecamatan Medan Marelan dan Ketua FORMABEM Belawan saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya akan membantu masyarakat pemohon paspor agar pembayar mudah di BNI dan meminta kepada Pemerintah meyediaka mobile perbankan di kantor Imgrasi Belawan “ Tegasnya.(Abu/Nur)

Posting Komentar

Top