0
SERGAI | GLOBAL SUMUT-Sebagai bentuk komitmen dalam upaya pembangunan pendidikan dan pengasuhan bagi anak usia dini serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kualitas guru, Pemkab Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar pelatihan bagi 205 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 17 Kecamatan.

Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD yang berlangsung dua hari mulai tanggal 31 Maret sampai dengan 1 April 2016 ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bertempat di Aula Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Kamis (31/3).

Turut hadir pada acara tersebut Ketua Forum PAUD Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Dharma Wijaya, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Narasumber dari Badan Agreditas Nasional Provinsi Sumatera Utara (BAN Provsu) Ulva Wulandari S.Pd, Kadis Parbudpora Henry Suharto, para Camat dan Ketua Forum PAUD Kecamatan se-Sergai dan para peserta pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD.

Bupati Sergai Soekirman mengawali sambutannya menyampaikan bahwa Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional sejalan dengan salah satu nawacita yang diprogramkan Bapak Presiden RI Joko Widodo yakni melakukan reformasi karakter bangsa, melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan, kewarganegaraan yang menempatkan beberapa aspek seperti pengajaran sejarah. Kemudian pembentukan karakter bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta tanah air, semangat bela negara dan budi pekerti didalam kurikulum pendidikan Indonesia.

Lebih lanjut Bupati Soekirman mengingatkan kepada kita, bahwa PAUD merupakan pendidikan yang amat mendasar dan strategis, karena masa usia dini merupakan masa emas untuk peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu Pemkab Sergai berkomitmen dengan upaya-upaya pembangunan pendidikan dan pengasuhan bagi anak usia dini dengan berbagai program disinergikan untuk suatu hasil  yang diharapkan yaitu generasi yang berkualitas, sehat jasmani, cerdas, beriman dan berkepribadian serta mandiri.

Mengakhiri sambutannya Bupati menyampaikan ucapan selamat mengikuti pelatihan kepada para peserta dan berpesan kepada para Ketua Forum PAUD Kecamatan untuk berperan aktif dalam mendukung program PAUD di Kecamatan dan Desa. Dan kepada Camat selaku Dewan Pembina, dihimbau untuk terus mengupayakan agar PAUD menjadi perhatian yang sangat penting mengingat belum terpenuhi hak-haknya dalam mengikuti program PAUD, pungkas Soekirman.

Sebelumnya, Ketua Forum PAUD Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman menyampaikan bahwa PAUD memiliki fungsi utama mengembangkan semua aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik (motorik kasar dan motorik halus), sosial dan emosional. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para tenaga pendidik PAUD guna mendukung pembangunan 5 (lima) Tahun kedepan dengan menitikberatkan Visi Kabupaten Sergai yaitu Unggul, Inovatif, Bertanggung Jawab dan Berkelanjutan, ujar Ny. Marliah.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Ny. Rosmaida Darma Wijaya melaporkan bahwa tujuan dan manfaat pelatihan kompetensi PAUD ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kualitas guru PAUD dengan membekalinya berupa pengetahuan tentang akreditasi lembaga PAUD. Serta dirangkaikan dengan kegiatan outbond bertema Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) guna membangun dan meningkatkan pola fikir dan mempererat silaturahmi antar sesama peserta.(putranursaid)

Posting Komentar

Top