0
MEDAN LABUHAN | GLOBAL SUMUT-Salah seorang pendiri Primkop Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) "Upaya Karya" Pelabuhan Belawan Barita Manalu tutup usia 67 tahun, Sabtu (23/7) dan dikebumikan di Pekuburan Kristen Yuka, Selasa (26/7).

Dua ribuan orang datang melayat almarhum yang disemayamkan di rumah duka di Perumahan Griya Martubung Blok II Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan.

Barita Manalu ini merupakan pelaku reformasi sistem perburuhan di Pelabuhan Belawan yang sebelumnya tidak terkoordinasi akibatnya kerugian dipihak buruh TKBM.

Sistem yang direformasi almarhum diantaranya pengupahan buruh jadi satu atap yaitu di Primkop TKBM Pelabuhan Belawan bukan lagi buruh digaji Perusahaan Bongkar Muat (PBM).

Menurut Ketua Primkop TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan Mafrizal didampingi Manager Unit Usaha Bongkar Muat (UUJBM) Pelabuhan Belawan Sabirin Ansar,SSos mengakui gebrakan almarhum untuk mensejahterakan buruh TKBM Pelabuhan Belawan sangat tinggi.

Pribadi almarhum Barita Manalu sangat loyal ke Primkop TKBM dan buah pikirannya sangat dapat diterima untuk memajukan usaha koperasi ini, kata Mafrizal.


Dengan berpulangnya almarhum Barita Manalu, Primkop TKBM Pelabuhan Belawan kehilangan  sosok dan figur yang patut ditiru untuk mensejahterakan buruh, tambah Ansar Sabirin.

Almarhum Barita Manalu gelar (Oppung Martahan Doli) merupakan ayah kandung Sekretaris Primkop TKBM Uapaya Karya Pelabuhan Belawan Sabam P. Manalu,SE,PhD.

Menurut anggota Primkop TKBM Pelabuhan Belawan Drs.Ardin Silalahi mengatakan, Sabam P Manalu merupakan penerus yang berjasa mensejahterakan buruh TKBM Pelabuhan Belawan.

Sejumlah program koperasi yang dilaksanakan Sabam seperti pengupahan, kesehatan, dan perumahan dengan tujuan mensejahterakan anggota semakin maju.

Sabam merupakan junior dari bapaknya untuk memajukan koperasi bahkan lebih baik terbukti untuk mengoperasikan program sudah memiliki kantor yang cukup megah sehingga karyawan nyaman untuk bekerja mengolah administrasi,ucap Ardin. (bu)

Foto : Almarhum Barita Manalu saat akan dikebumikan di Pekuburan Kristen Yuka Martubung, Selasa (26/7).

Posting Komentar

Top