0
SIMPANG EMPAT | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi bersama Pangdam I/BB Mayjen (TNI) Lodewyk Pusung dan rombongan melepas jenazah Abdi Saputra Purba, di Jambur Los Desa Budaya Lingga Minggu (31/7/2016) petang. Korban tewas dalam peristiwa bentrok dengan Polres Karo.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry Nuradi menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga atas peristiwa yang menimpa korban.

“Atas nama Pemerintah Provinsi, kami mengucapkan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya saudara kita almarhum Abdi. Semoga keluarga tabah menjalani cobaan ini,” ujar Erry.

Erry juga meminta masyarakat untuk menahan diri agar bentrokan lanjutan tidak terjadi.

“Mari kita kedepankan keamanan dan ketertiban di Sumut. Jangan sampai kejadian serupa terulang lagi,” ajak Erry.

Peristiwa yang menewaskan almarhum Abdi, sebut Erry, akan diusut aparat penegak hukum dan diselesaikan secara hukum yang berlaku.

“Untuk itu, kita harapkan masyarakat jangan terprovokasi dan terpecah-belah. Kita harus menyatukan barisan dalam kebersamaan. Baik itu persoalan yang di Tanah Karo maupun di Tanjung Balai,” harap Erry.

Jenazah almarhum Abdi Saputra Purba (31), warga Desa Lingga Kecamatan Simpang Empat, Karo, dimakamkan di pemakaman umum Desa Lingga sekitar pukul 17.28 WIB.

Prosesi pemakaman dibantu oleh anggota Kodim 0205/TK dan Koramil 04 /SE dan diwarnai isak tangis keluarga.

Rombongan Tengku Erry dan Lodewyk, mendarat di Markas Komando (Mako) Yonif 125/Simbisa pada pukul  12.55 WIB dan disambut Waka Baharkam Mabes Polri Irjen Pol Eko Hadi Sutejo, Staf Ahli Kapolri Irjen Pol AP Simanjuntak, Waka Polda Sumut Brigjen Pol Adhi P, Danrem 023/KS Kol Inf Richard TH Tampubolon SH.

Turut dalam penyambutan, Danyonif 125/SMB Mayor Inf Robinson Talupadang, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu, Bupati Tanah Karo, Terkelin Brahmana, Wakil Ketua DPRD Karo Efendi Sinukaban, Dirsabhara Polda Sumut Kombes Pol Slamet, Kombes Pol Beny L dari Mabes Polri, Kasi Intelrem 023/KS Letkol Inf J Sitanggang.

Sebelumnya, Gubernur Sumut terbang dari Tanjung Balai menggunakan hellycopter meninjau kerusakan vihara akibat kerusuhan massa.

Bersama rombongan Gubernur Sumut dan Pangdam I/BB, turut serta Asintel Dam I/BB Kol Inf Bambang, As Ops  Dam I/BB Kol Inf Aminton Manurung dan Dandenpom I/BB Kol CPM Yusri Nuryanto. (RHD)

Posting Komentar

Top