0
LANGSA | GLOBAL SUMUT-Peringatan Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran ke 100, Satuan Polisi Pamong Praja ke 69, Satuan Perlindungan Masyarakat ke 57 dan Wilayatul Hisbah ke 16 yang digelar di Lapangan Merdeka Kota Langsa, senin (8/4) pagi berlangsung khidmat.

Upacara dihadiri oleh Wakil Walikota Langsa Dr.H.Marzuki Hamid,MM, Ketua DPRK Langsa Burhansyah,SH, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, Kapolres Kota Langsa AKBP Andy Hermawan,SIK,M.Sc, Kepala BNN Kota Langsa AKBP Nevry Yulenny,SH,MH, perwakilan Pengadilan Negeri Langsa, perwakilan Kejaksaan Negeri Langsa, para pimpinan OPD, Camat, TNI, POLRI, Pemadam Kebakaran, SATPOL PP, ASN, Mahasiswa dan para Siswa.

Bertindak sebagai sebagai Inspektur Upacara Kapolres Kota Langsa AKBP Andy Hermawan, SIK, M, Sc. Kapolres Kota Langsa saat membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan peringatan Hari Ulang Tahun sebagaimana yang dilakukan hari ini, tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu. Lebih dari itu, dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
 

Peringatan HUT PEMADAM KEBAKARAN Ke-100, HUT SATPOL PP KE-69, HUT SAT LINMAS KE-57, DAN HUT  WH KE-16 TAHUN 2019 mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan, dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

Pemadam Kebakaran, SatPol PP, Sat Linmas, dan WH bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa Indonesia.

Lanjutnya, Peran penting Pemadam Kebakaran, SatPol PP, Sat Linmas, dan WH tercermin dari tugas dan tanggungjawabnya.  Tugas Pemadam Kebakaran Adalah Melakukan pencegahan,pengendalian,penyelamatan, dan Penanganan Bahan Berbahaya Beracun Kebakaran, Melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada; menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman; serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara.

Sedangkan Wilayatul Hisbah dibentuk untuk menegakkan Qanun; pengawasan Syariat Islam; dan pembinaan terhadap pelanggar syariat Islam yang ada di Provinsi Aceh.

Usai pelaksanaan upacara, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Langsa.(arman suharza)

Posting Komentar

Top