0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-menghadapi hari raya Iduladha 1440 H ini Sebanyak 3.346 ekor sapi asal Australia masuk Sumut dan Aceh melalui Pelabuhan Belawan untuk stok hewan kurban, Jumat (14/6/2019).

Ketengan awak media ini  di Pelabuhan Belawan, sapi impor tersebut dibawa dengan Kapal MV Gundali Ekprees dari Pelabuhan Darwin Australia dan melakukan pembongkaran hewan ternak tersebut di dermaga 103 Ujung Baru Pelabuhan Belawan.

Kapal MV Gundali Ekprees tiba di Pelabuhan Belawan, pada kamis 13 Juni 2019.Tampak Petugas Bea dan Cukai dan Karantina Hewan memeriksa kelengkapan surat dokumen kepabeanan serta mengecek kesehatan hewan yang diangkut menggunakan jasa angkutan laut tersebut.

Selanjutnya, sapi-sapi itu diturunkan dari kapal dan dimasukkan ke dalam truk yang sudah dimodifikasi sebagai pengangkut sapi, dengan sistem truck lossing dari atas kapal oleh keagenan PT Serasi Shipping Indonesia.

Terpisah Menager Umum Pelindo 1 Cabang Belawan, Khairul Ulya, yang dikonfimasi mengatakan, dengan masuknya kapal pengangkut sapi impor tersebut, Pelindo 1 Cabang Belawan selaku pengelola pelabuhan, siap melayani kapal pengangkut sapi tersebut.

"Selain siap melayani juga menyediakan dermaga tempat besandarnya kapal-kapal pengangkut sapi tersebut, kedatangan hewan sapi impor ini juga untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat di wilayah Sumatera Utara," ujar Khairul Ulya.

Khairul Ulya menerangkan, seluruh sapi yang sempat diperiksa petugas Karantina itu sudah distribusikan ke kawasan Deli Serdang, Sumut dan Aceh.[abu]

Posting Komentar

Top