0
H.PERAK | GLOBAL SUMUT-Banyaknya bangkai babi cemari sungai, Polres Pelabuhan Belawan  dan Musfika Kecamatan Hamparan Perak melakukan sosialisasi kepada peternak Babi yang ada di Dusun IX Germenia Kebun Desa Kelambir Lima, Kec. Hamparan Perak Kab.Deli Serdang, Sabtu (16/11/2019).

Kapolsek Hamparan Perak Kompol Azharuddin SH melalui Waka Polsek Iptu Sutrisno Dalam sosialisasi itu mengharapkan kepada warga supaya membersihkan lingkungannya masing-masing dan jika ada ternak yang terkena penyakit diharapkan warga untuk menanam atau menguburkannya.

 "Jangan membuangnya sembarangan karena ada sanksi dengan ancaman pidana sesuai  UU No 32 Tahun 2009"Jelas Iptu Sutrisno.


Sementara  Dinas Kesehatan  UPT Puskesmas Hamparan Perak Yolanda Siahan mengatakan, Masyarakat yang membuang bangkai babi itu harus memikirkan dampaknya, misalnya jika di buang sembarangan nanti bisa bangkainya dihinggapi lalat dan bisa saja nanti lalat itu hinggap dimakan kita.

Oleh karena itu marilah kita senantiasa menjaga lingkungan kita ini, jadi sekali lagi jangan membuang bangkai-bangkai babi itu sembarangan.

Lalat yang hinggap dalam radius mencapai 200 sampai 300 meter itu bisa saja membawa Virus . "Jangan seenaknya buang bangkai, itu akan menimbulkan masalah baru, kita pikirkan juga dampaknya kepada lingkungan dan orang lain"kata Yolanda.

Kepala Desa Kelambir 5 Kebun Suhendra mengatakan, Kesedihan bapak ibu warga disini ada adalah kesedihan saya juga senang atau tidak bapak ibu adalah warga saya.

Kami juga menghimbau kepada masyarakat jangan membuang bangkai Babi karena ada sanki Hukumnya.  

Sebagai Kepala Desa saya minta warga disini membentuk Kelompok-kelompok Tani.
"saya berjanji kelompok-kelompok Tani ini nantinya akan saya perjuangkan Kepada Pemerintah Daerah supaya bisa mendapatkan bantuan bibit-bibit ikan, bebek atau ayam dan masyarakat bisa beralih dari Peternak Babi yang memang di daerah kita ini Dilarang".

Saya harapkan bapak-ibu jangan membuang bangkai ternak -ternak tersebut, karena hidup yang baik itu adalah yang berguna bagi orang lain bukan sebaliknya menyusahkan orang lain.


Salah satu Tokoh masyarakat Panggabean yang juga Pendeta mengucapkan, berterimakasih atas kedatangan Kapolsek, Danramil dan Kepala Desa Kelambir 5 Kecamatan Hamparan Perak ketempat mereka.

Dijelaskannya, Disini terkumpul dari 8 Dusun dan kami berharap kedepannya ada perhatian pemerintah dan bimbingan kepada kami khususnya warga Germenia ini.

Salah satu warga mengatakan, Di Germenia Kebun ini hampir 80% Penduduknya berternak Babi.  Penyakit yang diserang kepada Babi-babi begitu cepat. " Kami bingung karena pagi peliharaan kami  masih terlihat sehat, tiba-tiba langsung lumpuh dan mati,  " ungkap Opung Sari (55).

Niat kami memang mau beralih ke ternak lain seperti ternak bebek tapi kami terkendala dengan dana oleh karena itu kami mengharapkan kepada pemerintah dapat memberikan bibit-bibit bebek atau ayam, karena pada umumnya warga Germenia ini  penghasilan dari berternak harap Opung Sari.

Dalam kesempat itu juga salah satu warga  Tigor Silalahi mengharapkan kepada pemerintah untuk menyediakan lahan untuk menanam bangkai -bangkai babi karena tidak semua warga didaerah ini mempunyai lahan untuk menanamnya.

Keluhan itu juga di sampaikan Pak sitorus yang sudah tidak mempunyai lahan untuk menanam ternaknaknya, "Selama ini 30 Babi saya yang mati sudah saya tanam, sekarang ada 10 ekor lagi babi saya dan jika mati saya bingung mau ditanamkan dimana"Keluhnya.[Abu Hasan]

Posting Komentar

Top