0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Polres Pelabuhan Belawan-Polda Sumut menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang peran tokoh dan masyarakat dalam rangka menangkal paham radikalisme dan cipta situasi Kamtibmas diwilayah polres pelabuhan Belawan. 

Pertemuan Kemitraan FGD tentang peran tokoh dan masyarakat dalam Rangka menangkal Paham Radikalisme dan cipta situasi Kamtibmas di Wilkum Polres Pelabuhan Belawan yang dihadiri sebanyak 65 orang perwakilan TNI ,Toga, Tomas dan Muspika bertempat di uula Mapolres Pelabuhan Belawan, Selasa (26/11/2019) sekitar pukul 09.40 wib.

Dalam Kegiatan tersebut Sambutan dan Paparan oleh Kapolres Pelabuhan Belawan di wakilkan oleh Camat Belawan Ahmad SP,"  Berharap tidak terulang kembali radikalisme dan Terorisme di Belawan, Hamparan Perak dan Medan sebab ini bukan tanggung Jawab dari Polri saja tetapi setiap elemen Pemerintah dan Tokoh Agama yang sama harus aktif dalam hal tersebut " Sebut Ahmad SP dalam sambutannya.

Ustadz Samsul Bahri yang juga Ketua MUI Medan Deli dalam diskusi tersebut  menyampaikan bahwa paham-paham Radikalisme suatu perbuatan yang bertentangan dengan ideologi Pancasila dan UUD 1945  dan paham keagamaan yang keliru.

Semetara Kadus Klumpang Kebun yang mewakili Muspika Hamparan Perak  menyampaikan pihaknya berharap tokoh agama dan masyarakat di tiap-tiap desa di undang berdialog dengan   Polri dan menjelaskan tentang apa itu radikalisme dan Terorisme sehingga warga dan masyarakat mengerti.

Selanjutnya dari Perwakilan muspika Medan Deli mengatakan tentang Paham Radikalisme yaitu fanatiknya paham-paham yang berlebihan kenapa?karena kita sudah jauh dari Pancasila.katanya.

"Radikalisme yaitu harus ada deteksi dini dan kita harus memberdayakan Kepling di tiap lingkungan dan jangan ada pembiaran" Sebut Andika Tokoh Pemuda Kamtibmas Medan Labuhan.

Sementara Kasi Intel Imigrasi M.Rio menyebutkan pihak imigrasi sudah melakukan pendataan dan pengoprasional sistem yang lengkap sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.

Kapolsek Hamparan Perak AKP Azharuddin SH mengatakan untuk menangkal paham-paham  Radikalisme Peran serta masyarakat sangat perlu dan aktif serta peduli pada sekitar tempat tinggalnya.

Sementara Kapten Anton Sugiarto dari TNI -AL (Pomal) dihadapan peserta FGD mengatakan ada dua hal yang harus dilakukan yang untuk menangkal terorisme di kalangan masyarakat.    
1).Harus peduli dan dimulai dari diri sendiri serta keluarga baru lingkungan  
2). Apabila mengetahui hal tersebut harus dilaporkan ke Bhabinkamtibmas dan babinsar.katanya.

Lain lagi Kepala lingkungan Perwakilan Medan Deli, Dia menyebutkan bahwa masih banyak masyarakat belum paham tentang agama sehingga dengan mudah mendapatkan doktrin dari guru pengajiannya yang menyesatkan.

Diakhir kegiatan Kapolsek Belawan Kompol Safaruddin Tama Siregar mengatakan faham Radikalisme menyesatkan umat "Bom bunuh diri adalah sesat" oleh karena itu kita harapkan tokoh agama,Muspika, untuk menyampaikan bahwa ajaran bunuh diri adalah sesat selain itu Kita harapkan kepada Kepala Lingkungan harus pro aktif sehingga tua warga dan kegiatan dilingkungannya, jika merasa kegiatan warnya mencurigakan dapat bekerja sama dengan instansi terkait.    

Dalam Kegiatan Pertemuan Kemitraan Focuss Group Discussion ( FGD ) tentang Peran Tokoh dan masyarakat dalam Rangka menangkal Paham Radikallisme cipta situasi Kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Pelabuhan Belawan.   

Perlu Aktifnya Babinkamtibmas,Toga, Tomas dan Babinsa menyampaikan atau membentuk Forum diskusi serta sosalisasi tentang Paham Radikallisme kepada masyarakar sehingga warga Paham dan mengerti. 

Kegiatan Focuss Group Discussion ( FGD ) berakhir pukul 11.30 Wib  dengan situasi aman dan baik, dilanjutkan dengan Foto Bersama.   

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Ren Kompol ILham, Kapolsek Belawan Kompol Safaruddin Tama Siregar,Kapolsek Hamparan Perak AKP Azharuddin, Camat Belawan Ahmad,SP,  Pomal Kapten Anton Sugiarto, PM Belawan Budianto,Perwakilan Koramil Belawan Serma L. Simatupang, Bea Cukai  Tri Utomo dan Samino, Kasi Intel Imigrasi M. Rio,Ketua MUI Medan Deli Ustadz Samsul Bahri, Perwakilan dari tiap Kelurahan Kec. Medan Belawan, Perwakilan dari tiap Kec. Medan Deli dan  Kelurahan Medan Deli, Perwakilan dari tiap Desa dan Kecamatan Hamparan Perak,  Perwakilan Tokoh Pemuda Nelayan Kamtibmas Medan  Labuhan Andika dan Ahmad, Perwakilan Tokoh Pemuda PAC NKGR Kec. Hamparan Perak Dedi dan Rahmad, Perwakilan PAC IPK Kec. Hamparan Perak Wendi dan Supri.[abu]    

Posting Komentar

Top