0

JAKARTA | GLOBAL SUMUT-Anggota Komisi VIII DPR RI Nurhasan Zaidi mengapresiasi presiden terkait rencana program percepatan pembangunan Super Koridor Ekonomi Pantura. Dimana, Majalengka dan Subang menjadi prioritas sasaran program tersebut. Ia menegaskan, cita-cita Presiden ini harus didukung karena akan mengundang investasi berkualitas yang bersinergi dengan UMKM serta dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.


Dalam rilisnya, Sabtu (15/8/2020), Nurhasan menyatakan harapan Presiden agaknya kurang realistis bila tidak didukung oleh kebijakan yang fundamental, fokus dan terarah. Terutama membangun mental dan kualitas SDM  serta membina iklim ekonomi masyarakat berbasis UMKM yang kondusif.

“Karena, harus diakui bahwa keberpihakan presiden maupun pemerintah terhadap pemngembangan UMKM dan peningkatan kualitas mental dan kompetensi SDM, terutama didaerah pesisir pantura, saat ini belum terasa. Apalagi dimasa-masa sulit menghadapi efek pandemi Covid,” kilah Politisi Fraksi PKS ini.

Kalaupun presiden ingin melakukan lompatan besar bersama UMKM, Nurhasan menyarankan ada baiknya bangkitkan dulu sektor UMKM agar dapat berdiri tegak dan siap melompat. Termasuk memulihkan ekonomi masyarakat yang saat ini sedang terpuruk akibat pandemi.

Bagi masyarakat Subang dan Majalengka, lanjut Nurhasan, ini merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang, namun bukan tidak mungkin akan menjadi ancaman. “Ancaman bahwa jangan-jangan masyarakat di sini nantinya hanya menjadi penonton di negeri sendiri di tengah geliatnya investasi dan pertumbuhan ekonomi dari program itu,” tuturnya.

Ia meminta Presiden dan jajarannya harus menerjemahkan secara detail, jangan ada gagap dan gagal pemahaman yg menyebabkan kegaduhan serta kekacauan di lapangan. Mengingat masalah komunikasi dan koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang saat ini ibarat bara barang mahal.

Besar harapan agar Presiden mampu menciptakan ekosistem nasional yang kondusif bagi pengentasan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja yang berkualitas. “Kita tantang presiden beserta jajaran pemerintah pusat merealisasikan mimpi itu, bersama-sama membangun Super Koridor Ekonomi Pantura yang membawa maslahat bagi masyarakat dan mewujudkan perekonomian yang adil, seperti yang dikatakannya dalam sidang tahunan tadi,” pungkasnya. (rs)

Posting Komentar

Top