0


MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir.H.Akhyar Nasution,M.Si menerima penghargaan dari BPS Sumut. Penghargaan ini diberikan atas capaian yang sangat baik pada Sensus Penduduk Online 2020. Kota Medan merupakan Terbaik I dalam kategori Jumlah Penduduk Respon. Penghargaan ini diberikan Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi kepada Akhyar dalam acara Kickoff Sensus Lapangan Sensus Penduduk 2020 di Medan, Selasa (1/9) di Ruang Command Center, kantor wali kota.

Pada acara yang diikuti secara virtual oleh Camat se-Kota Medan itu, BPS Medan juga memberikan penghargaan kepada Kepala Dinas Kominfo Medan, Zain Noval, S.STP., M.A.P. serta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Zulkarnain Lubis, yang telah mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk Online di Medan, pada 15 Februari sampai 29 Mei 2020 lalu. Di samping itu, tiga camat di Medan juga mendapat penghargaan karena meraih capaian jumlah respon penduduk yang tinggi. Ketiganya adalah Camat Medan Belawan, Ahmad, Camat Medan Johor, Zulfachri Ahmadi, dan Camat Medan Baru, Ilyan Chandra Simbolon.

Akhyar mengungkapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan ini. Dia mengatakan, Sensus Penduduk Online telah berlangsung baik dan mulai 1 September ini dilakukan Kegiatan Lapangan Sensus Penduduk September 2020. Akhyar mengimbau, masyarakat Medan ikut menyukseskan Sensus Penduduk ini dengan memberikan data kependudukan yang benar dan valid.

"Kepada warga Medan, mari kita beri data yang benar dan valid, tidak dikurangi, tidak ditambahi agar petugas kita mendapat data yang real tentang  kependudukan dan demografi Kota Medan," ujarnya. Akhyar juga mengimbau seluruh camat, lurah, dan kepala lingkungan membantu petugas sensus dalam melakukan pendataan.

"Sensus ini merupakan kebutuhan kita semua," ucap Akhyar. Akhyar juga mengingatkan para petugas agar mematuhi protokol kesehatan saat melakukan pendataan ke rumah-rumah penduduk. Selain itu, para petugas sensus juga diharapkan mengingatkan warga untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, di antaranya dengan memakai masker, demi mencegah penularan Covid-19.  Sebelumnya, Kepala BPS Medan, Enny Nuryani Nasution menyampaikan, saat melakukan pendataan petugas tetap menerapkan protokol kesehatan. Para petugas wajib menggunakan masker, face shield, sarung tangan, dan membawa hand sanitizer, serta menerapkan physical distancing saat bertemu dengan responden

"BPS sadar betul, bahwa keberhasilan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 sangat tergantung kepada para petugas dan masyarakat sebagai responden. Dengan demikian, kami berharap masyarakat yakin dan dapat menerima petugas tanpa harus takut akan terpapar Virus Covid-19," sebutnya seraya berharap masyarakat memberikan informasi yang jujur dan benar.[rs]   

Posting Komentar

Top