0

 

MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengapresiasi Gerakan Belawan Bebas Sampah yang digagas Yonmarhanlan I Belawan. Diharapkan gerakan yang digelar dalam rangka Menyemarakan HUT TNI ke-75 tahun ini dapat mengajak warga untuk menjaga kelestarian lingkungan khususnya di wilayah Belawan.

Hal ini disampaikan Pjs Wali Kota Medan, Ir. Arief Sudarto Trinugroho, M.T diwakili Asisten Umum, Renward Parapat ketika menghadiri Upacara Pembukaan Gerakan Belawan Bebas Sampah di Mako Yonmarhanlan I Belawan. Jalan Wisma Hanafiah no. 1, Jumat (2/10). Upacara ini dipimpin langsung Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Lantamal 1 Belawan Letkol Marinir Farick MTr Opsla.

Dikatakan Renward Parapat yang juga Plt Asisten Pemerintahan, Gerakan Belawan Bebas sampah sangat bagus dan positif karena terdapat nilai kebersamaan dan bergotong–royong dalam memerangi sampah. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan semua warga paham untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah harus dibuang pada tempatnya sehingga tidak mencemari lingkungan.

“Pemko Medan Mengapresiasi Gerakan yang digagas Yonmarhanlan I Belawan. Tentunya gerakan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Oleh karena itu, Pemko Medan dan Jajaran TNI Polri mengajak warga untuk jaga kelestarian lingkungan masing - masing," kata Renward Parapat.

Selain itu Renward juga menjelaskan aksi bersih pantai dan pinggir laut juga menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menjaga kebersihan dan mencegah pencemaran yang lebih luas. "Hal itu sangat diperlukan karena tidak mungkin mengandalkan petugas dan aparat pemerintahan yang sangat minim. Semoga apa yang kita laksanakan bersama ini bisa membawa manfaat untuk kebaikan bersama,” ungkap Renward.

Sebelumnya Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Lantamal 1 Belawan Letkol Marinir Farick MTr Opsla, menjelaskan bahwa Gerakan Belawan Bebas sampah ini merupakan kegiatan Yonmarhanlan I Belawan bersama Komunitas Anak Belawan Bersatu (ABB) dalam rangka Menyemarakan HUT TNI ke-75. Selain itu kegiatan ini juga dilakukan guna mendukung program Pemerintah Pusat terhadap percepatan perkembangan dan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pusat obyek wisata Mangrove dan Wisata Bahari di Kecamatan Medan Belawan.

"Sebagai prajurit Negara, TNI AL khususnya Batalyon Marinir memiliki kepedulian dan membangun kesadaran warga untuk bergotong-royong menjaga lingkungan yang bersih indah dan Asri. Artinya Gerakan bebas sampah ini kita gelorakan untuk mengajak masyarakat tetap dan terus membersihkan lingkungan dari sampah berbagai jenis, baik di pesisir pantai maupun di wilayah daratan, karena Belawan ini telah mewakili kepentingan Indonesia untuk dunia," katanya.

Menurut Letkol Farick, kegiatan ini juga merupakan langkah konkret memotivasi masyarakat peduli akan kebersihan. Apalagi persoalan sampah di Belawan menjadi salah satu fokus Pemerintah Kota Medan khususnya Kecamatan Medan Belawan.

"Ini salah satu bentuk partisipasi TNI khususnya Yonmarhanlan I untuk mengajak masyarakat peduli pada lingkungan. Namun begitu, ini bukan berarti langkah yang akan merubah secara drastis. Ini hanya sebuah awal untuk langkah-langkah berikutnya," kata Letkol Farick.

Selanjutnya Kegiatan ini diisi dengan pemberian sembako kepada Nelayan dan Tukang Becak yang diserahkan oleh Asisten Umum dan Danyonmarhanlan I Belawan. Selain itu juga dimeriahkan dengan atraksi Marinir menggunakan perahu karet di laut Belawan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Mhd. R. Dayan SH, MH, mewakili Danpomal Peltu E. Sianipar, Danramil 09 Belawan Kap. Rahimin, Kapolsek Belawan Kompol D.J Naibaho SH, Camat Belawan Ahmad Sunara SP. MM, seluruh perwira dan Prajurit Yonmarhanlan I, Seluruh Lurah se-kecamatan Belawan, seluruh Kepling Se-kecamatan Belawan, Tokoh Masyarakat H. Irfan Hamidi, dan Anak Belawan Bersatu, Kajari Belawan, Bea Cukai Belawan, Kesyabandaran Utama Belawan.[Hasan]

Posting Komentar

Top