0


BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Teluk Nibung Jajaran Satrol Lantamal I Koarmada I mengevakuasi empat orang ABK KM Aina Jaya yang mengalami kebocoran akibat menabrak beting (kedangkalan) di perairan Belawan, Sumut. Jumat (25/12/20)

Sekitar pukul 17.00 WIB,  KM Aina Jaya GT 6 mengalami kebocoron di alur pelayaran Belawan tepatnya di sekitar bouy 9 perairan Belawan. Mendapati informasi tersebut, Kapal Patkamla Teluk Nibung langsung menuju lokasi melaksanakan SAR untuk memberikan pertolongan kepada KM. Aina Jaya.

Di lokasi, Patkamla Teluk Nibung mendapati ABK Kapal KM. Aina Jaya GT. 6 tengah melakukan upaya penanggulangan dengan cara menghidupkan mesin pompa air (Alkon) untuk mengurangi debit air yang masuk ke dalam kapal. Namun Alkon tersebut tidak dapat dihidupkan, sehingga air semakin banyak yang masuk kedalam kapal, dan mengakibatkan kapal semakin tenggelam bagian buritan kapal.

Patkamla Teluk Nibung langsung melakukan pertolongan dengan mencoba menarik KM. Aina menuju ke tepi alur pelayaran supaya tidak mengganggu pelayaran keluar atau masuk Belawan, dan berhasil dikandaskan di perairan terdekat disekitar bouy 9.  Setelah pada posisi aman seluruh ABK Kapal KM. Aina Jaya dipindahkan ke Kapal Patkamla Teluk Nibung. Keempat ABK KM Aina Jaya yakni Edi Apriyanto (23), Darmono (67), Sukiman (40) dan Subinanto (54) selanjutnya dievakuasi ke Lantamal I untuk diberikan pertolongan dan pengecekan Kesehatan sebelum mereka dipertemukan dengan keluarganya. 

Nakhoda Kapal, Edi Apriyanto (23) mengatakan "KM. Aina Jaya tengah berlayar menuju daerah kebun sawit di seberang untuk memuat hasil perkebunan sawit. Namun sesampainya di sekitar Bouy 9 kapal mengalami kebocoran dibagian kamar mesin. Saat itu air terus masuk merendam mesin dan akhirnya mati mesin. Kami minta bantuan hingga akhirnya di temukan dan dievakuasi oleh Kapal TNI AL" ucapnya.

Menyikapi kejadian tersebut, Panglima Komando Armada I, Laksda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M. dalam keterangannya secara terpisah di Jakarta mengatakan "Pada akhir-akhir ini, cuaca di perairan cepat berubah sehingga menjadi kerawanan terhadap keselamatan pelayaran" 

"Kejadian di Belawan yang langsung direspon oleh Kapal Patkamla Teluk Nibung merupakan salah satu kesiapan dan kesigapan satuan di bawah untuk merespon panggilan darurat secara cepat" lanjutnya.

"TNI AL senantiasa melakukan patroli rutin guna melaksanakan pengamanan di perairan yang menjadi wilayah kerja Koarmada I, salah satunya di Belawan Sumatera Utara. Kita terus hadir, salah satunya utuk menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran. Kehadiran KRI dan Kapal Patroli Keamanan Laut yang tengah melaksanakan patroli sesuai dengan arahan pimpinan TNI AL dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, yang secara terus menerus menekankan tentang keamanan di perairan yurisdiksi nasional untuk mampu dengan sigap merespon panggilan kedaruratan " Pungkas Pangkoarmada I.[abu]

Posting Komentar

Top