0


LANGSA | GLOBAL SUMUT-Setelah melewati berbagai tahapan penilaian dewan juri,group Salena asal Paya Bujok Blang Paseh berhasil merebut juara I final Geulayang Tunang piala Wakil Walikota Langsa, diselenggarakan di Gampong Cinta Raja Kecamatan Langsa Timur,Selasa (06/4/21).

Juara ke II diraih Triple 222  Geudubang Jawa, juara ke III juga di raih Salena.Sedangkan juara harapan I dan II direbut Tairik dan Al-Desid.

Wakil Walikota Langsa Dr.H.Marzuki Hamid,MM, usai melakukan penyerahan piala tersebut menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh peserta dan panitia yang telah mensukseskan pesta rakyat Geulayang Tunang.

"Kegiatan ini merupakan permainan tradisional yang harus dilestarikan kembali,kedepan akan menjadi agenda rutin yang akan difasilitasi oleh Dinas Pemuda,Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kota Langsa,"katanya.

Permainan Geulayang Tunang (Layang-layang) mempunyai filosofi dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya kegunaan sayap pada layang yaitu untuk menjaga keseimbangan, benang sebagai penentu arah dan pengendalian serta ekornya untuk mencapai ketinggian.

"Layang-layang yang bagus adalah layang-layang yang memiliki keseimbangan dan kestabilan yang tinggi sehingga dia bisa bertahan ditengah-tengah angin yang kencang.Begitu juga dengan filosofi dalam keluarga,organisasi dan pemerintahan,"ungkapnya.

Bagi pemenang juara I, II dan III serta harapan I dan II akan mendapatkan uang pembinaan,piala dan piagam penghargaan.

 "Setiap kategori akan mendapatkan uang pembinaan dari kegiatan perlombaan ini seraya berharap dana itu dapat digunakan untuk melestarikan skill bagi komunitas layang di Kota Langsa,"harapnya.

Final Geulayang Tunang Piala Wakil Walikota Langsa turut di hadiri Ka.Dispora Kota Langsa Dr. Iqbal,M.Pd,Geuchik Cinta Raja serta masyarakat setempat.(arman suharza)

Posting Komentar

Top