0


MEDAN | GLOBAL SUMUT- Di zaman modern ini masih banyak terkendala dalam pendidikan, faktor utamanya karena ekonomi. Melihat dari survey guru yang mengajar di kalangan ekonomi rendah, banyak siswa yang tidak melanjutkan pendidikannya karena keadaan ekonomi yang tidak mendukung, 

Bahkan orang tua pun kurang berjuang untuk mendukung pendidikan sang anak. Mereka bahkan membiarkan anaknya bekerja tanpa melanjutkan pendidikannya, padahal memberikan pendidikan yg layak merupakan tanggung jawab orang tua. Sebagaimana seorang anak mempunyai hak dan kewajiban kepada orang tuanya. Diantara hak seorang anak ialah mendapatkan nafkah, kasih sayang serta pendidikan yang baik dari orang tuanya. Sedangkan kewajiban seorang anak ialah mematuhi perintahnya dan berbakti kepadnya. 

Jika memang seorang anak ingin membantu orang tua nya bisa saja setelah selesai sekolah anak tersebut bekerja, jika memang orang tua ingin memberikan pendidikan yang baik, bagaimana pun keadaannya pasti ada saja jalan untuk maju. Memang tak semua masyarakat ekonominya yang rendah tak memperdulikan pendidikan anaknya, ada sebagian orang tua yang berfikir, belajarlah kamu nak sampai sukses,jangan pernah memikirkan dana dari mana kami bisa menyekolahkan mu. Nah ini merupakan pemikiran orang tua yang maju, mereka tidak mau anaknya tak melanjutkan sekolahnya & al hasil nasibnya sama seperti dia. Dan dia ingin dengan anaknya mendapatkan pendidikan yg bagus, sang anak dapat mengangkat derajat orang tuanya.

Dalam hal ini peran orang tua sangat penting bagi seorang anak. Bahkan peran lingkungan sekitar juga penting. Jadilah orang tua yang bijak, memang kesuksesan itu tak semuanya berasal dari pendidikan, akan tetapi dengan pendidikan kita mempunyai bekal untuk masa depan.

“Rumah adalah sebuah sekolah/madrasah kehidupan yang penting. Seorang Ibu adalah Madrasah Pertama untuk anak-anaknya, dan Ayah adalah Kepala Sekolahnya, ayah lah yang menjadi Pemimpinnya, Pemimpin dalam menjalankan dan mengawasi berjalannya suatu pendidikan dalam sekolahnya. Untuk membuat Madrasah berjalan baik, maka di dalam sebuah Sekolah harus ada Kurikulumnya. Kurikulumnya adalah "Agama"”.

Penulis : Zaitun Sahara Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Posting Komentar

Top