0


Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH Irup Peringatan Hardiknas tahun 2012 di alun-alun T. Amir Hamzah, Stabat
MEMBANGKTKAN GENERASI EMAS INDONESIA  
Stabat,GlobalSumut.com -Kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi menyebabkan mobilitas fisik dan nonfisik yang termasuk kebudayaan dan peradaban didalamnya semakin tinggi, hal ini memunculkan dominasi peradaban tertentu, benturan antar peradaban atau terbentuknya konvergensi peradaban, dalam kaitan dengan inilah dunia pendidikan menjadi penting dalam membangun peradaban bangsa yang didasarkan atas jati diri dan karakter bangsa.
”Kita harus menyiapkan akses seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan” pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh kepada seluruh insan pendidikan dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH pada Upacara Peringatan Hardiknas tahun 2012 di alun-alun T. Amir Hamzah, Stabat (Rabu, 2/5).
 
Bangsa kita patut bersyukur karena dikaruniai oleh Tuhan potensi sumber daya manusia berupa populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa, jika ini dapat dikelola dan manfaatkan dengan baik maka akan menjadi bonus demografi (Demographic Dividend) yang sangat berharga sesuai dengan tema hardiknas tahun ini yaitu bangkitnya generasi emas Indonesia. 
 
Untuk itu Pemerintah melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia sebagai upaya menyiapkan generasi 2045 yaitu 100 tahun Indonesia merdeka.
Perluasan Akses ke perguruan tinggi juga akan dipersiapkan melalui pendirian perguruan tinggi negeri di daerah perbatasan dan memberikan akses secara khusus kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi, tetapi berkemampuan akademik.
 
Para siswa/i dan tenaga pengajar diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai budaya dalam proses pendidikan, karena keduanya memiliki makna dan nilai yang sama sehingga kwalitas pendidikan benar-benar terjaga. 
Hal ini perlu digiatkan sejak usia dini kepada generasi bangsa melalui pendidikan formal maupun informal mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga ke perguruan tinggi.
Bupati Langkat H. Nogesa Sitepu, SH mengungkapkan kepada pers terkait pelaksanaan UN yang baru saja selesai dilaksanakan untuk tingkat SMP dan SMA sederajat bahwa pihaknya berharap pelaksanaan ujian nasional  berlangsung aman, tertib dan lancar dan para siswa mampu lulus dengan nilai diatas rata-rata. 
 
Jika nantinya terdapat berbagai kelemahan dalam penurunan tingkat prestasi pada mata pelajaran tertentu, maka hal ini akan menjadi perhatian dan evaluasi melalui instansi terkait.
Sebelumnya jajaran Dinas P&P juga mengadakan perlombaan cabang atletik dalam rangkain peringatan Hardiknas diantaranya lomba lari 10 km putra tingkat SMP, SMA dan SMK, 5 km putri tingkat SMP, SMA dan SMK, serta 3 km tingkat SD putri dan 5 km meter tingkat SD putra.
 
Hadir dalam acara tersebut antara lain Kapolres Langkat AKBP Leonardus E Bhismo, SIK, Ketua Pengadilan Negeri Stabat Hj. Diah Sulastri Dewi, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Langkat Surialam, SE Sekdakab. Langkat Drs. H. Surya Djahisa, M.Si, Ketua TP. PKK Kab. Langkat Ny. Hj. Nuraida Ngogesa, Ketua DWP Kab. Langkat, Kadis P&P Drs. Syam Sumarno, M.AP, Ketua Dewan Pendidikan Kab. Langkat Drs. Amiruddin, para Asisten dan Staf Ahli, Jajaran SKPD Langkat, anggota DPRD Langkat dan undangan lainnya.(Agung Herlianto)
 
 

Posting Komentar

Top