0
Peresmian Centra Pembenihan Perikanan Lele Phyton
NGOGESA SUMBANG Rp. 20 JUTA

Stabat,Global Sumut.com -Pada butir ke 3 dalam visi-misi Pemerintah, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH memfokuskan kepada pembangunan nyata prekonomian masyarakat berbasis agro industri pertanian dan bahari serta industri lainnya yang berbasis lingkungan.


“Ini sejalan dengan program Pemerintah mengembangkan ekonomi kerakyatan” ungkap Bupati Ngogesa ketika meresmikan centra pembenihan perikanan Kabupaten Langkat yang khusus membudidayakan ikan air tawar lele phyton di Desa Banyumas Kecamatan Stabat, (27/9).

Dengan adanya pembenihan ini kata Ngogesa, diharapkan dapat menjadi satu diantara motivasi masyarakat untuk lebih yakin dalam menggali potensi diri agar tidak ragu dalam mengembangkan sektor yang berbasis agro industri pertanian dan perikanan sebagai salah satu sumber mata pencaharian yang dapat meningkatkan taraf hidup dan ekonomi.

Dalam acara tersebut selain memberikan bantuan satu unit mesin pembuat pelet (pakan ikan) dari Pemkab Langkat dan 50 ribu ekor bibit lele phyton, karena antusias warga yang besar terhadap kegiatan positif peningkatan pendapatan itu secara pribadi Ngogesa ikut menyumbangkan dana sebesar Rp. 20 juta sebagai penunjang awal beroperasinya balai pembenihan ikan lele phyton tersebut.

Sebelumnya Syafril ketua balai pemberdayaan dan pengembangan ekonomi kerakyatan Kabupaten Langkat menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang telah banyak diberikan oleh Bupati Ngogesa, dirinya menjelaskan bahwa pemilihan lele phyton untuk dibudidayakan karena ikan tersebut hanya memerlukan waktu 1 ½ bulan sudah dapat dipanen. “Ini merupakan cara cepat dan efektif untuk meningkatkan taraf ekonomi warga” katanya. Pihaknya juga akan memberikan pembinaan dan pembekalan bagi kelompok-kelompok peternak ikan dan berupaya untuk menjadikan lele phyton ini sebagai satu diantara banyak komoditi unggulan di Langkat.

Syafril yang juga Ketua PDI Perjuangan Kab. Langkat itu mengajak para kader dan warga lainnya yang hadir untuk terus memberikan dukungan terhadap kepemimpinan H. Ngogesa Sitepu, SH sebagai Bupati Langkat saat ini dan terus pada masa yang akan datang karena menurutnya setiap kali ada kegiatan yang menyentuh bagi rakyat kecil Bupati Langkat itu selalu ambil peduli, mendukung dan membantu program tersebut baik secara moril maupun materil, “Banyak kerja nyata telah ditunjukan Pak Bupati” ujar Syafril.

Sementara salah seorang tokoh masyarakat setempat Selamat Sulaiman mengatakan hendaknya program yang berbasis ekonomi kerakyatan seperti ini tidak hanya ada di wilayah stabat tetapi dapat juga berkembang ke seluruh wilayah Kabupaten Langkat.

Diakhir acara yang turut dihadiri Kapolres Langkat AKBP L. Erick Bhismo, SIK, SH, Anggota DPRD Langkat Syahrul, Sugiono, Jumari, Malem Ukur dan Ralin Sinulinnga serta sejumlah pejabat Pemkab Langkat Ngogesa juga menitipkan 100 helai kain sarung yang akan diserahkan untuk para pekerja yang ada di centra pembenihan perikanan air tawar ikan lele phyton tersebut. (Agung).

Posting Komentar

Top