0
STABAT | GLOBAL SUMUT -Dunia pendidikan selalu berhubungan erat dengan bidang apapun, termasuk dalam hal kesadaran terhadap lingkungan hidup yang merupakan syarat mutlak bagi pengembangan lingkungan secara efektif. Artinya tanpa adanya kesadaran tentang lingkungan hidup maka pengembangan lingkungan kearah yang bermanfaat tidak akan tercapai. Syarat penunjang untuk pencapaian tujuan tersebut adalah dengan pendidikan. Pendidikan akan mengajarkan kepada manusia bagaimana cara mengolah dan memberdayakan alam.
Dalam rangka memperingati Hari Jadi kabupaten Langkat yang ke ke-263 (17 Januari 1750 – 17 Januari 2013) Bina Lingkungan Lestari (BLL) yang bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Langkat, Orang utan Information Centre (OIC) dan Balai Besar Taman Nasional Gunung Lauser (BB-TNGL) menyelenggarakan kegiatan Solidaritas Pelajar Hijau di Sei. Betung Desa Halaban Kecamatan Besitang, Kamis (17/1).
Kegiatan melibatkan lebih dari 300 pelajar dari 20 Sekolah ADIWIYATA tingkat SD, SMP, SMA/SMK yang ada di Kabupaten Langkat mendapatkan pendidikan lingkungan serta diselingi dengan penanaman pohon.
Ketua BLL Ilham yang juga mengetuai kegiatan ini mengatakan pentingnya menumbuhkan kesadaran pada pelajar akan lingkungan hidup, berupa pemanfaatan dan pengembangannya sehingga pelajar mampu melaksanakan aksi nyata dalam perubahan lingkungan yang lebih baik yang dimulai dari hal yang terkecil, dari sekolah ke rumah hingga lingkungan sekitar. “Pelajar adalah pewujud mimpi dengan membawa perubahan yang lebih baik terhadap lingkungannya”, ucap Ilham yang biasa disapa Jack.
Ilham juga mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program yang dicanangkan Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH yaitu bagian dari program Sekolah peduli dan berwawasan lingkungan (ADIWIYATA).
Secara geografis Kabupaten memiliki dataran tinggi serta pesisir yang banyak memiliki potensi ekonomi di berbagai sektor disamping itu Kabupaten Langkat juga memiliki aspek kerawanan terhadap bencana alam yang hampir setiap tahunnya mengalami bencana banjir, longsor, anggin puting beliung dan lain-lain sehingga pelestarian lingkungan sangat perlu diperhatikan agar dapat meminimalisir bencana yang mungkin terjadi.
Kegiatan yang diinisiasi oleh BLL ini menjadikan momen ulang tahun Kabupaten Langkat lebih berarti, dengan semangat solidaritas dan swadaya para pelajar dari berbagai kecamatan di Kabupaten Langkat serta dukungan penuh dari BLH Kabupaten Langkat, OIC, BB TNGL menjadi semangat juang dalam aksi pelestarian hutan yang ada di Kabupaten Langkat.(Awal / Global Langkat).

Posting Komentar

Top