0
STABAT | GLOBAL SUMUT - Reformasi peradilan digulirkan sejak tahun 2003 untuk membangun lembaga peradilan yang lebih dipercaya publik, melatih keterbukaan, akuntabilitas dan peningkatan pelayanan publik dari satu sisi. Sebagian aparat telah bekerja keras untuk bersabar menjaga integritas, berjuang untuk merengkuh kepercayaan publik namun masih adanya oknum aparat pengadilan yang melakukan perbuatan tercela, kiranya tidaklah menjadi halangan untuk bangkit dari keterpurukan ditengah kepercayaan terhadap pengadilan yang berada di titik nadi.

Demikian disampaikan Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Utara DR. Hj. Marni Emmy Mustafa, SH, MH pada sambutannya ketika memimpin jalannya serah terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri Stabat dari Hj. Diah Sulastri Dewi, SH, MH yang akan hijrah tugas sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri IB Cibinong kepada Ahmad Yasin, SH, MH di ruang sidang PN Stabat, Selasa (15/1).

“Saudari Dewi salah satu contoh pemimpin yang inovatif” ujar Marni seraya menjelaskan bahwa hukum dan UU merupakan tulisan umum dan abstrak ditangan, namun saat sebagai Hakim Dewi menjadi keadilan yang hidup, begitu juga ketika menjadi Ketua PN Stabat banyak inovasi yang dilakukan seperti Program one day service dan program one stop shop service untuk pelayanan akte kelahiran, sedangkan kepada Yasin dirinya mengatakan sebagai Ketua PN bukan dilayani tapi harus melayani, “Jangan menimbulkan masalah tetapi petakan masalah bagi kebutuhan organisasi” katanya.

Sementara Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH atas nama masyarakat dan Pemerintah menyampaikan terima kasih kepada Dewi terhadap kinerja dan kebersamaan yang telah diabdikan bagi masyarakat Langkat, pihaknya mengungkapkan bahwa prestasi yang diraih Langkat sebagai Kabupaten Layak Anak diantaranya merupakan andil besar dari Dewi selaku Ketua PN Stabat yang tanpa kenal lelah secara terus-menerus menguatkan koordinasi dan memberikan masukan positif.

Bupati Ngogesa berharap walaupun telah terpisahkan oleh tempat karena karir dan ketugasan, akan tetapi jalinan silaturrahim tetap terjaga, kepada Yasin Ketua PN Stabat yang baru Bupati Langkat itu meyakini bahwa kehadirannya akan senantiasa memberikan nilai manfaat yang besar bagi kebaikan dan kemajuan daerah khusunya penegakan keadilan dan wawasan masyarakat dibidang hukum.

Sebelumnya Dewi yang telah 2 tahun 7 bulan bertugas di Langkat dengan penuh rasa haru seketika mengheningkan ruang auditorium berlian PN Stabat menyampaikan terima kasihnya kepada unsur Muspida yang selama ini banyak mensupport dalam pekerjaan, dirinya mengaku terlanjur cinta dengan bumi Langkat, “Pak Bupati, benar bumi Langkat bumi bertuah dan semoga hal itu melekat pada kami” ucapnya.

Menyaksikan suasana haru yang berlangsung Yasin yang baru saja dilantik menjadi Ketua PN Stabat mengungkapkan ketersanjungannya atas keakraban dan kebersamaan yang selama ini terjalin pada unsur pimpinan di Langkat, pria yang pernah bertugas di Aceh dan sebelumnya di Pemalang itu mengatakan dirinya merasa suasana kekeluargaan sangat kental di Kabupaten Langkat, “Saya serasa disidang berada ditengah-tengah suasana ini tanpa bisa berkata-kata” sebutnya bergurau tetapi katanya dirinya berjanji akan mengemban tugas mempertahankan apa yang telah menjadi prestasi PN Stabat selama ini dan mengabdikan diri demi keadilan masyarakat Langkat.

Acara berakhir dengan saling menukar cenderamata, hadir diantaranya Ketua PTA Sumut, Wakil Ketua PT Sumut Marua Pasaribu, SH, M.Hum, Kapolres Langkat AKBP L. Eric Bhismo, SIK, SH, Kajari Stabat DR. Asep N Mulyana, SH, M.Hum, Wakil Ketua DPRD Langkat Drs. H. Abdul Khair, MM, sejumlah Ketua PN se-sumut, tokoh agama dan masyarakat.(Awal / Langkat)


Posting Komentar

Top