0
Ilustrasi kapal keruk
BELAWAN | GLOBAL SUMUT - Pelabuhan Internasional Pelabuhan Belawan kembali disoal. Kali ini pendangkalan di daerah dermaga Pelabuhan Belawan tepatnya di areal sektor III menjadi masalah besar. Pendangkalan itu bunuh penghasilan buruh TKBM Pelabuhan Belawan secara sistematis. Rabu (20/2/2013).
Informasi yang dihimpun Global Sumut.com di lapangan menyebutkan, pendangkalan di daerah sektor III Pelabuhan Belawan terjadi sejak sekitar 8 bulan. Akibat pendangkalan itu, kapal-kapal barang tidak bisa sandar di Pelabuhan Belawan daerah sektor III melainkan berpindah ke daerah dermaga sektor II dan IV. Pendangkalan tersebut berdampak buruk bagi ratusan buruh TKBM Pelabuhan Belawan, mereka (ratusan buruh-red)  terpaksa gigit jari dan tak bekerja. 
Disisi lain, pendangkalan itu disinyalir unsur kesengajaan pihak berwenang di Pelabuhan Belawan untuk kepentingan satu perusahaan. Tudingan itu tergambar dari tak responnya Pelindo-I Cabang Belawan terhadap kondisi Pelabuhan Internasional daerah sektor III Pelabuhan Belawan.

“Sekitar 8 bulan kami sudah nggak kerja bang. Kapal-kapal barang tidak bisa sandar di sektor III karena pendangkalan, sementara pihak Pelindo-I Belawan seakan tak peduli dengan keluhan dan keadaan ini”. Kata buruh TKBM pada Global Sumut.com di halaman SPSI TKBM Pelabuhan Belawan. Rabu (20/2/2013).
           
Ketua koperasi Upaya Karya buruh TKBM Pelabuhan Belawan Tombang Hutabarat ketika hedak dikonfirmasi Global Sumut.com tidak ada di tempat. Dihubungi melalui telepon selularnya tidak berhasil. Sementara GM Pelindo-I Cabang Belawan tidak berhasil ditemui. [rahman].  

Posting Komentar

Top