0
AEK KANOPAN | GLOBAL SUMUT - Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho resmikan tugu raja Siagian se-dunia di Porlak Patik Desa Sihobuk Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir Sabtu (29/6/2013). 

Dalam peresmian tugu raja Siagian Se –Dunia yang dihadiri oleh Mayjen  Burhanuddin Siagian Pangdam Bukit Barisan, Mayjen(Purn) Ricardo Siagian, Hotman Siagian, Robertson Simatupang staf ahli Aset Provsu, Bupati Tobasa, Kapolres Tobasa, Dandim 0207, Muspida dan seluruh marga Siagian yang ada di Dunia. 

Bangunan tugu raja Siagian yang memiliki ukuran tingginya 33 meter yang berbentuk mencu suar, Dengan luas lahan areal tugu raja Siagian 2 Ha. Dengan taksasi yang telah diangggarkan  mulai dari pembangunan tugu raja Siagian  sampai dengan pesta persesmian tugu Raja Siagian sekitar Rp.2.3 M.
Maksud dan tujuan dibangunannya tugu raja Siagian itu , untuk memperkuat jalinan tali persaudaraan pada pomparan raja Siagian yang ada diseluruh penjuru dunia.  
Dalam acara pesta peresmian tugu raja Siagian tanpak hadir tulangnya raja Siagian yakni marga raja Pasaribu, dan hula-hulanya marga raja Sibarani, yang disambut dengan iringan gondang bolon sabangunan dengan menyembah dan mangelek-elek tulang raja Pasaribu dan hula-hulanya raja Sibarani.
Dalam sambutannya Gubsu H Gatot Pujo Nugroho yang dibacakan oleh Robertson Simatupang staf ahli asset Provsu mengatakan, Gatot mengapresiasikan peresmian tugu raja Siagian, dan diharapkan kedepan seluruh pomparan marga Siagian yang ada diseluruh penjuru dunia akan lebih memperkuat hubunga tali persaudaraan. Karena, dengan dilaksanakannya peresmian tugu raja Siagian ini ,sudah meningkatkan seni  dan tradisi budaya kita di Sumatera Utara.
Mayjen Burhanuddin Siagian pangdam bukit barisan mengatakan dalam sambutannya , “ Saya sangat bangga memiliki marga Siagian, karena saya tidak menduga bisa dapat hadir dalam peresmian tugu raja Siagian ini. Dan saya juga merasa terharu dengan bangunan tugu raja Sigian yang memilik luas areal 2 ha. Janganlah kita lupa akan sejarah nenek moyang kita dimanapun kita berada.
Pantauan kru media online GLOBAL SUMUT.COM  di areal pesta peresmian tugu raja Siagian Se-Dunia di diporlak patik Desa Sihobuk Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir, tanpak terlihat ribuan pomparan raja Siagian mensukseskan pesta peresmian tugu raja Siagian selama tiga hari tiga malam mulai dari tanggal 27-29 Juni.
Dalam acara pesta peresmian tugu raja Siagian  yang mengambil thema:”Hasadaon dalan manggohi lasniroha” dan Sub thema:” Tapareahima  hasadaon laho pasingkophon nasa lasniroha dibagasan rohanta” 
Panitia pesta peresmian tugu raja Siagian juga memberikan ulos cenderamata pada Gubsu H. Gatot Pujo Nugroho  yang diterima oleh Robertson Simatupang.
Dan gondang bolon sabangunan menghiasi acar tortor dan trio Voice yang sengaja didatangkan dari Jakarta untuk mensukseskan pesta peresmian tugu raja Siagian.
Salah seorang pengurus dan panitia pesta mengatakan pada media onlin GLOBAL SUMUT.COM diareal lahan tugu raja Siagian yang telah diresmikan itu akan dibangun suatu yayasan Marga Siagian, dana anggaran danya mencapai sekitar Rp.2,7 M, dan areal lahan yang dilakukan pemagaran keliling sebgai bentuk tapal batas dengan marga Pasaribu.katanya.(Andika/Labura)

Posting Komentar

Top