0
AEK KANOPAN | GLOBALSUMUT - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Pemkab Labura) yang dipimpin H Kharuddin Syah Sitorus SE (Bupati) resmi membuka pagelaran seni budaya di lapangan Polri Aek Kanopan Selasa(2/7) sekira pukul 21.00 malam hari.Acara pembukaan pagelaran seni dan budaya itu yang dihadiri Drs.Edy Sampurna Rambey MSi(setdakab),Adu Pargaulan Sitorus(Kadishutbun) ,Bambang Wahyudi(kasatpol PP),Darwin Yusma (Kadishub),Drs.Ali Tambunan(ketua DPRD), Ridwan Rambe Spd Mpd kepala BKD , Setu(danramil),Habibuddin Siregar,Saimin Asisten III,tokoh  Etnis SimalungunJ Sitopu, Tokoh etnis karo M Sembiring,tokoh etnis Toba P Sibarani dan tokoh agama, tokoh masyarakat, etnis india Godo,Etnis tiongho Akuang  dan segenap jajaran Pemkab Labura.
Dalam pembukaan acara pagelaran seni budaya yang di ikuti 14 jenis etnis seni budaya yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Utara Adapun etnis yang ikut dalam pagelaran seni dan budaya untuk memeriahkan HUT ke 5  hari jadi Pemkab Labura yang terdiri dari 14 etnis  yakni Tari Zapin Makyeal dari etnis Melayu, Tari Tor-tor/Tor-tor Somba dari Etnis Simalungun,Tor-tor parmagaon etnis Tabagsel,Opening ,Silat dan tari pasambahan etnis Minang,Tari Saman dari etnis budaya Aceh,Tarian Anoman/Tari Tradisional  dan tari Kiprah dari etnis Jawa, pemukaan profil budaya dan tari kreasi dua dari etnis karo,lagu kuch-kuch Hota Hai dan Kushiya Aur Gham dari etnis India,Tor-tor Somba dari etnis Toba, Tri maena, tari perang dari etnis Nias ,tari keras dari etnis Bali,Tari Ali San Ku Niang dari etnis Cina Opening Atraksi pencak silat dari etnis Banjar.

Dalam sambutan Drs Ismael Hasibuan MM Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Labura mengatakan maksud dan tujuan pagelaran seni dan budaya ini untuk menumbuhkan seni budaya daerah dan haflah Al Qur’an sedangkan tujuan pelaksanaan pagelaran seni budaya ini untuk gemar membacar Al Qur’an, serta pagelaran ini dimulai Selasa tanggal 2 juli -7 juli di lapangan Polri Aek kanopan.katanya.
H Kharuddin Syah Sitorus SE (bupati) mengatakan dalam sambutanya, dalam rangka menyambut hari jadi Pemkab Labura yang ke 5 ini  dengan mengangkat thema” dengan semangat hari jadi Kabupaten Labuhanbatu Utara, kita padukan kebersamaan dan etos kerja dalam pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera berlandaskan iman  dan taqwa”,katanya.
Kharuddin Syah juga menambahkan, saya menilai kegiatan ini seperti ini sangat positif , karena dengan adanya pagelaran seni budaya  daerah  dari berbagai etnis yang ada di masyarakat Labuhanbatu utara  ,yang mana masing-masing etnis seni budaya daerah yang selama ini jarang ditampilkan dimuka umum,baik tari tradisional, maupun kreasi baru.Untuk itu,peringatan hari jadi Pemkab Labura yang ke 5 ini sangat strategis untuk dijadikan momentummenmpilkan aneka ragam seni budaya daerah, dari etnis yang hitrogen.
Drs Ali Tambunan ketua DPDR Labura mengatakan dalam sambutannya kita harus mengenang kembali sejarah pembentukan Pemkab Labura ini yang mengalami proses dan perjuangan yang cukup lama, yang akhirnya berkat perjuangan yang sangat keras dan melelahkan , akhir pemerintah pusat dan DPR-RI menyetujui dan menetapkan undang-undang nomor 23 tahun 2008 tentang pembentukan  Kabupaten Labura yang tepatnya pada tanggal 21 juli 2008 yang lalu.
Dan DPRD Labura sudah menetapkan Peraturan daerah Nomor 02 tahun 2012  tentang logo, motto. Dan pada pasal 2  menyebutkan hari jadi Pemkab Labura  adalah tanggal 21 juli da wajib harus diperingati dan dirayakan oleh seluruh masyarakat Labura dan Instansi pemerintah, swasta setiap tahunnya. Kata Ali.
Pantauan media online GLOBALSUMUT.COM dilapangan Polri Aek Kanopan, tanpak seluruh lapisan masyarakat memadati lapangan walaupun sebelumnya hujan telah mengguyur lapangan yang sangat deras . Namun masyarakat yang cinta akan pagelaran seni dan budaya untuk menyambut hari jati Kabupaten Labura yang ke 5 tetap bersemangat untuk pembukan pagelaran sei dan budaya itu. Serta tanpak artis senior dan yang paling popular di Kabupaten Simalungun Jhon Eliaman Saragi yang membawakan lagu yang berjudul Elvi yang membuat masyarakat histeris memberikan tepuk tangan yang cukup meriah. Serta etnis tarian permata(Andika/Labura)

Posting Komentar

Top