0
PANTAI CERMIN | GLOBALSUMUT - Menjadi tua adalah siklus kehidupan yang pasti dialami manusia. Apa yang ada dipikiran kita saat menyebut kata “lanjut usia (lansia)” ? Pasti umumnya terlintas sosok yang lemah, tidak mandiri, sering sakit dan lamban. Kebiasaan ini membuat masyarakat masih menganggap lansia tidak berpotensi dan bila berpotensi masih dianggap sangat rendah.

Namun menjadi orang tua berarti memiliki kebijakan, kearifan serta pengalaman untuk dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus dalam menentukan arah kehidupan pembangunan di masa mendatang.

Hal ini diungkapkan Plh. Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman saat menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) di wisata bahari Pantai Pondok Lestari Indah Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (27/6).

Lebih lanjut disampaikan Plh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bahwa pada saat memasuki usia lanjut para lansia seharusnya lebih memperhatikan kesehatan dan menjaga agar kondisi tubuh tetap prima di usia senja. Namun pada kenyataannya sampai saat ini kesehatan lansia masih belum mendapat perhatian dari masyarakat, ujar Ir. H. Soekirman.

Acara yang mengusung tema “Lanjut Usia Pelopor Jati Diri Bangsa” memaknai bahwa lansia adalah sosok yang menyatukan bangsa dan pernah mengambil bagian dalam kehidupan bernegara. Untuk itu diharapkan lanjut usia aktif, sehat dan sejahtera, lansia teladan sepanjang masa dan pemersatu bangsa Peran serta lansia dalam berbagai bidang kehidupan perlu terus ditingkatkan sehingga stigma para lansia sebagai beban keluarga akan berubah, menjadi lansia yang bermanfaat, mandiri, sejahtera dan tetap berdaya guna, memberi
sumbangsih dalam pembangunan bangsa dan negara hingga akhir hayat, jelas Plh Bupati H. Soekirman.

Plh Bupati Sergai menghimbau kepada seluruh generasi muda khususnya di kabupaten tanah bertuah negeri beradat agar selalu berupaya meningkatkan derajat kesehatan para lansia sehingga harapan hidup yang menjadi salah satu indikator kebersihan pembangunan nasional semakin meningkat. Mari kita terus berupaya memberikan peluang kepada lansia untuk tetap sehat dengan memperhatikan aksebilitas untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan memperoleh jaminan sosial di hari tua. Dengan demikian harapan kita agar para lansia menjadi merupakan sosok yang layak dihormati serta sejahtera diusia senjanya dapat terwujud, harap Soekirman.

Sebelumnya Kadis Sosnakerkop H. Karno SH, MAP melaporkan bahwa acara Hari Lansia tahun 2013 ini dirangkaikan dengan kegiatan pertemuan rutin Komda Lansia serta dimeriahkan dengan senam lansia, pemeriksaan kesehatan gratis para lansia, pemberian bingkisan dan tali asih kepada 114 lansia serta penerimaan 2 (dua) buah perahu karet dari Dinas Kessos Pemprovsu.

Hadir dalan kegiatan mewakili Sekretaris Ditjen Rehsos Kementerian Sosial RI Dra. Agustina Br Kaban MSi, Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah MSi, mewakili Kadis Kesejahteraan dan Sosial Provsu, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Hj. Imas Haris Fadillah, mewakili unsur Forum
Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), para Asisten dan Staf Ahli Bupati, kepala SKPD dan Camat se-Sergai, Ketua Komda Lansia Provsu dan Kotamadya Binjai serta para lansia se-Sergai.(GS|umm)

Posting Komentar

Top