BELAWAN  | GLOBAL SUMUT – Ketua Komisi-C DPRD Medan Ahi, SH terima keluhan 700 orang masyarakat miskin Medan Utara yang tidak terperhatikan pemerintah. Ahi, SH yang langsung bertatap muka dengan masyarakat itu berjanji akan mendesak Badan Pusat Statistik (BPS) Medan untuk melakukan pendataan ulang Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sesuai dengan berkas permohonan masyarakat. Juma’t (30/8/2013) di gudang Kelong Gabion Belawan.
           
Dalam pertemuan itu, perwakilan masyarakat di 4 Kelurahan (Kelurahan Pekan Labuhan, Nelayan Indah, Belawan-I, dan Kelurahan Bagan Deli-red) Abdurrahman mengatakan, kisruh yang terjadi di tengah masyarakat miskin Medan Utara suatu kelemahan birokrasi pemerintah.
           
“Tidak dapat dimungkiri, masyarakat miskin Medan Utara yang tidak menerima BLSM merupakan kelemahan birokrasi pemerintah Daerah. Sistem pendataan tentunya terlebih dahulu berkoordinasi dengan jajaran pemerintah daerah yang ikut serta mendampingi petugas pendataan dari BPS. Namun, jawaban kami tidak tau menau menjadi kalimat cuci tangan. Akibatnya masyarakat miskin resah dan dapat bertindak berutal”. Kata Rahman.
           
Seharusnya lanjut bapak 3 orang putra itu, sebelum kartu kendali BLSM disalurkan kepada masyarakat miskin, terlebih dahulu dilakukan rembuk Desa/Kelurahan dengan melibatkan pemuka-pemuka masyarakat. Tidak saja hanya itu, jajaran pemerintah daerah juga siap menampung keluhan masyarakat miskin yang tidak menerima BLSM sesuai dengan yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2013. Beber Rahman.
           
Tokoh pemuda Kelurahan Pekan Labuhan itu juga berharap agar Ahi, SH benar-benar memperjuangkan nasib masyarakat miskin Medan Utara.
           
“Kami semua berharap, agar Bapak Ahi, SH benar-benar untuk rela mengorbankan waktunya mendesak BPS Medan melakukan pendataan ulang demi nasib masyarakat miskin Medan Utara yang tidak terpedulikan”. Harap Rahman.
           
Ahi, SH dihadapan masyarakat miskin Medan Utara mengatakan siap mendesak BPS Medan. “Sebenarnya yang menangani masalah BLSM ini di Komisi-A DPRD Medan, sedangkan saya di Komisi-C. Namun saya juga adalah wakil dari Daerah Pemilihan-V yang berkewajiban memperhatikan keluhan masyarakatnya, maka saya siap mendesak BPS Medan untuk melakukan pendataan ulang”. Kata Ahi, SH.
           
Kesempatan itu juga dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan keluhan lainnya, seperti jalan setapak dan tidak adanya drainase di lingkungan 12 Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan. Ahi bersama puluhan masyarakat langsung tinjau daerah yang dimaksud.         
           
Pertemuan yang dimulai pukul 14.00 Wib itu berlangsung sangat sederhana. Sebagai bentuk kepedulian, Ahi menerima berkas masing-masing perwakilan masyarakat Kelurahan untuk dilanjutkan langsung ke BPS Medan. [mn/bu].