0
PERBAUNGAN | GLOBALSUMUT - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman dan Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si menerima Kunjungan Kerja (Kunker) dari Walikota Toyohashi Mr. Koichi Sahara beserta rombongan. Toyohashi merupakan sebuah kota yang  terletak di Provinsi Nagoya Jepang 
Dalam kunjungnnya Walikota Toyohashi bersama Konsultan Jenderal (Konjen) Mr. Yuji Hamada, Deputi Director General of Industri Mr. Syuichi Kato, Chief of Water Supply Division Mr. Asakawa, Director Water Supply Division Mr. Kawai, University Science & Technology Mr. Kamara, Chief Director of PT. Taki Petro Chemical Mr. Fujimoto, Director of Taki Petro Chemical Mr. Maemoto, Aichi Sumatera Forum Mrs. Nakagarawa, Medan Japan Club Prof. Hiromi Homma, Sumatera Japan Forum Mr. Jamharil Umeda.
Turut hadir juga Ketua DWP Sergai Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Kepala Bappeda Ir. H. M. Taufik Batubara M.Si, Kadis Pertanian Ir. Safarudin, Kadis Tarukim Herman Sitorus SH, M.SP,  Kadis Perindagsar Drs. H. Indra Syahrin M.Si, Kadis Parbudpora Drs. Joni Walker Manik MM,  Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Kabag Umkap Fitriadi S.Sos, MSi, Camat Perbaungan Drs. Akmal Koto, Camat Pegajahan Misran SE, Camat Serba Jadi Dra. Sri Hernawati, Camat Pantai Cermin Yasir Arafat Nasution S.Sos, serta unsur Muspika Kecamatan.
Kegiatan tersebut diawali dengan mengunjungi Dusun Langkat Desa Melati II Kecamatan Perbaungan, Minggu (25/8). Rombongan disambut hangat oleh Camat dan masyarakat setempat. Setelah melakukan dialog antara Bupati Sergai dengan Walikota serta elemen masyarakat, dilanjutkan dengan meninjau hasil panen padi semi organik yang sedang dilaksanakan oleh para petani. Terlihat bahwa hasil panen cukup bagus dikarenakan adanyan pengairan dari irigasi yang memadai.
Setelah pamit dari Desa Melati, rombongan melanjutkan kegiatan selanjutnya dengan menyambangi pengrajin dodol yang ada di Desa Bengkel. Daerah ini merupakan kawasan sentral dodol dan jajanan hasil industri rumah tangga di Kabupaten Sergai, dimana pembuatannya masih manual atau tidak dikerjakan dengan mesin.
Kemudian rombongan melakukan tahapan kegiatan selanjutnya yaitu mendatangi Replika Istana Sultan Serdang yang terletak di Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan. Disana sedang berlangsung pertandingan lomba burung berkicau yang diikuti peserta dari berbagai daerah. Kegiatan ini  diprakarsai oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Parbudpora).
Selanjutnya Bupati Soekiman mengajak Walikota Toyohashi Mr. Koichi Sahara beserta rombongan untuk meninjau bendungan air Sei Ular yang berada di Desa Pulau Gambar Kecamatan Serba Jadi. Bendungan dengan luas 18.500 Ha ini airnya dipergunakan untuk kebutuhan para petani dalam rangka memberikan pengairan terhadap tanaman padinya, untuk selanjutkan akan di upayakan dan dijadikan centra air bersihyang layak sehingga dapat dikonsumsi bagi masyarakat luas.
Acara dilanjutkan dengan  makan siang di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin. Setelah selesai makan dan beristirahat sejenak, dilanjutkan dengan meninjau peternak sapi yang berlokasi di Desa Ujung Rambung. Areal kandang sapi milik H. Zulfikar ini diperkirakan berkapasitas 1000 ekor dan kini baru terisi sekitar 800 ekor sapi.
Dalam sambutannya, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyatakan sangat senang menerima kunjungan ini yang merupakan balasan atas lawatan 3 bulan lalu. Lawatan ini semoga menjadi respon positif untuk penjajakan hubungan kerjasama yang lebih intensif lagi demi peningkatan pembangunan daerah. Soekirman juga  berharap antara Sergai dan Toyohashi kedepannya bisa menjadi lebih bersahabat dan akrab (friendship city). Hubungan ini ditawarkan Bupati Soekirman, mengingat melimpahnya Sumber Daya Alam (SDA) Sergai yang memang membutuhkan teknologi dan investasi dari Toyohashi maupun Jepang secara keseluruhan.
Harapan Soekirman pun mendapat apresiasi dari Walikota Koichi Sahara yang  juga menyambut baik atas keinginan Bupati Sergai tersebut. Dikatakannya bahwa SDA yang dimiliki daerah ini cukup potensial serta perlu adanya sentuhan inovatif untuk menjadikannya lebih maju dan berkembang, ujar Walikota Koichi.
Dikatakan Koichi Sahara kunjungan ini bukan hanya wisata semata, akan tetapi diharapkan mampu  memotivasi kita semua untuk menjadikan Kota Toyohashi dengan Kabupaten Serdang Bedagai lebih bersahabat dan lebih dekat lagi.
Untuk tujuan dari lawatan ini, Koichi menjelaskan bahwa misi jangka pendeknya ingin bekerja sama menjadikan Provinsi Sumatera Utara memiliki air bersih yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakatnya dengan menciptakan teknologi yang tepat dari Toyohashi. Sedangkan untuk jangka panjangnya membantu Kabupaten Sergai dalam mengembangkan sistem irigasi seperti yang sudah diterapkan di Kota Toyohashi. 
Diakhir sambutannya, Walikota Toyohashi berterima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai  atas sambutan hangat dan keramahtamahan masyarakatnya. Rombongan beserta Konjen Jepang merasa sangat terhormat dan bahagia bisa menapaki Kabupaten yang kaya akan hasil alamnya.
                                                                                                                                     

Jamuan Makan Malam

Setelah melakukan rangkaian kegiatan dalam kunjungannya, Walikota Toyohashi beserta rombongan mendapat penghormatan berupa jamuan makan malam oleh Konjen Jepang Mr. Yuji Hamada di kediamannya Jl. Cut Nyak Dien Medan.
Dalam kesempatan itu Konjen Yuji Hamada menyambut positif kunjungan balasan dan kerjasama yang terjalin baik selama ini. Semua hal dalam rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan akan dibahas oleh jajaran Pemerintahan Toyohashi dan disampaikan melalui Konjen Jepang yang ada di Wilayah Sumatera Utara untuk selanjutnya di teruskan ke Kabupaten Sergai.(yud|sb)

Posting Komentar

Top