0
STABAT | GLOBAL SUMUT -Koperasi di Kabupaten Langkat semakin menunjukan indeks perkembangan yang cukup membaik dibuktikan dari jumlah koperasi, keanggotaanya maupun humlah sisa hasil usaha yang terus meningkat.

Demikian diungkapkan Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH saat hadiri acara hari ulang tahun (HUT) koperasi yang ke-66 tahun di Alun-alun T. Amir Hamzah Stabat, Rabu (11/9).

“Hal ini menunjukkan semangat penggiat koperasi semakin tinggi serta pengelolaan usaha yang semakin profesional sesuai dengan semangat koperasi kebersamaan dan gotong royong” kata Bupati yang hadir bersama Ketua TP.PKK Ny. Hj. Nuraida Ngogesa.

Sungguhpun, tambah dia, ada sejumlah koperasi yang tumbuh lalu gagal dikarenakan pembentukan hanya didasari keinginan segelintir oknum tertentu, sedangkan koperasi hanya dapat tumbuh baik apabila dibentuk berdasarkan kepentingan bersama serta dikelola profesional dengan tidak mengabaikan prinsip-prinsip koperasi dan peraturan yang telah disepakati anggota.

Lebih lanjut kata Bupati Langkat itu Pemerintah terus berupaya menciptakan iklim usaha yang baik melalui program seperti kredit usaha rakyat (KUR), pembinaan kawasan bina lingkungan, mitra binaan dan lain sebagainya.

“Pemkab Langkat akan terus konsisten memfasilitasi koperasi, usaha mikro kecil dan menengah melalui berbagai program seperti pemberian bantuan peralatan kerja, peningkatan SDM dan akses pasar” ungkap Ngogesa.

Kepada Instansi terkait juga diinstruksikan Bupati Incumbent yang didukung banyak pihak melanjutkan kepemimpinan pada pemilu kada 23 oktober mendatang untuk memberikan ruang dan perhatian sebagai wujud pembinaan terhadap koperasi maupun usaha mikro kecil.

Ketua DPRD H. Rudi Hartono Bangun, SE mengatakan pihaknya sangat mendukung peningkatan kinerja koperasi, walaupun dengan anggaran yang terbatas, tetapi politisi muda asal partai Demokrat itu mengaku terus mensiasati hal tersebut bersama Bupati demi mendongkrak kinerja perkopresian di Langkat.

Sementara Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Langkat H Sarikat Bangun beberkan meskipun sejumlah besar koperasi produksi di Langkat berhasil dan sukses sehingga setiap tahunnya dekopin mendapat penghargaan dari Pemerintah pusat, namun KUD tetap perlu di revitalisasi agar dapat lebih mensejahterakan anggotanya.

Disela-sela acara Kadis Koperasi, UKM dan PMD Langkat Tengku Sopyan Azhar mengatakan di HUT koperasi tahun ini berbagai kegiatan diselenggarakan yakni cerdas cermat antar koperasi di 3 wilayah Langkat, Hulu, Hilir dan Teluk Aru, penilaian koperasi berprestasi, gerak jalan santai dan pameran pembangunan hasil produksi koperasi selama 3 hari di Alun-alun Amir Hamzah.

Bupati Ngogesa bersama unsur Muspida juga sempat melantik para pengurus koperasi desa se-Kab. Langkat dan meninjau satu persatu seluruh stand pameran koperasi.(Awaluddin/Lngkat)

Posting Komentar

Top