0
STABAT | GLOBAL SUMUT- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, setelah melakukan penghitungan suara pemilihan kepala daerah periode 2014-2019 menetapkan pasangan Ngogesa-Sulistianto meraih 62,56 persen dari total suara yang sah.
"Kita putuskan dan tetapkan pasangan Ngogesa-Sulistianto berdasarkan rekapitulasi meraih suara tertinggi," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Langkat Margono Zumintoro di Stabat, Senin.(28/10).
Berdasarkan rekapitulasi yang dihadiri pimpinan PPK dan Panwaslu kecamatan itu, dengan suara yang sah 410.635, pasangan Ngogesa-Sulistianto (nomor urut 4) meraih 256.896 suara atau 62,56 persen, katanya.
Sementara pasangan Budiono-Abdul Khair (nomor urut 1) meraih suara 98.360 atau 23,95 persen, pasangan Abdul Aziz-Suharnoto (nomor urut 2) meraih 46.651 suara atau 11,36 persen dan pasangan Yunus Saragih-Syahmadi Fiddin (nomor urut 3) meraih 8.728 suara atau 2,13 persen.
Dengan telah dihitungnya perolehan suara masing-masing calon bupati dan wakil bupati, maka dalam empat hari ke depan akan disampaikan kepada masing-masing calon terkait hasil penghitungan suara tersebut.
Margono juga menjelaskan bahwa hasil pilkada yang dilakukan 23 Oktober 2013 itu berjalan sukses berkat bantuan dari semua kalangan termasuk warga Langkat, anggota Polri dan TNI sehingga kondisi tetap kondusif, aman, lancar dan tertib, hingga penghitungan suara dilakukan.
Ketua Panwaslu Langkat Ghazali Tharoreh mengatakan Pilkada Langkat sangat kondusif, kalau dari hasil penghitungan suara ini ada keberatan dari pasangan calon, segera mungkin diajukan ke KPU Langkat.
"Secepatnya diajukan bila ada keberatan, karena itu aturannya," katanya.
Sementara itu, dari penghitungan suara yang dilakukan di 23 PPK kecamatan tidak ada keberatan dari saksi pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, semuanya menerima hasil penghitungan suara tersebut.
Hadir pada acara penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Langkat itu antara lain salah satu calon wakil bupati pasangan nomor urut 4, yaitu Sulistianto, sementara perwakilan dari tiga pasangan lainnya termasuk saksinya tidak hadir.
Selain itu, juga hadir Dandim 0203 Langkat Letkol Inf Tri Saktiyono, Kapolres AKBP Yulmar Tri Himawan, Pelaksana Sekretaris Daerah Indra Salahuddin, dan anggota PPK, Panwaslu kecamatan, serta anggota KPU lainnya di antaranya Marhadenis Nasution, Zaki Armaya, Riswan G.
Proses penghitungan suara tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat Sabhara Polres Langkat dan Brimob.(red)

Posting Komentar

Top