0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Plt Walikota Medan Drs.H.T.Dzulmi Eldin,S.MSi didampingi oleh Sekda Kota Medan Ir.Syaiful Bahri,MSi pimpin jalannya rapat koordinasi operasi lilin toba 2013 dalam rangka pengamanan hari raya natal 2013 dan tahun baru 2014 di ruang rapat 1 Kantor Walikota Medan, Senin (23/12).

Rapat yang di hadiri oleh Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta beserta jajaran ,Kasdim 0201/BS Mayor Inf S Zega dan segenap forum koordinasi pimpinan daerah kota Medan ini membahas mengenai persiapan personil baik dari Pemko Medan, Polresta Medan maupun personil dari Kodim 0201/BS guna melakukan pengamanan hari raya natal 2013 dan tahun baru 2014.
Dzulmi Eldin mengatakan bahwa segala persiapan telah terdata semua, setidaknya ada 546 gereja yang ada di Kota Medan akan menjadi objek pengamanan, Selain itu Dzulmi Eldin juga berharap kepada jajaran Pemerintah Kota Medan khususnya Camat sekota Medan untuk menjaga, mengantisipasi dan menghimbau para warga untuk saling menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat yang sedang merayakan natal.

Tentunya pemantauan dan kontrol ini akan dilakukan secara bersama baik masyarakat yang beragama kristiani, muslim, hindu maupun budha dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan secara bersama.kata Dzulmi Eldin.

Disamping itu hal senada juga disampaikan oleh Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta, dimana Polresta Medan telah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Medan dan Kodim 0201/BS dalam melaksanakan pola pengamanan secara bersama.

Selain dari Pemerintahan dan TNI, Polresta Medan juga berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di Kota Medan.

Nico Afinta juga menambahkan bahwa dalam perencanaan telah terdata sebanyak 546 gereja yang akan dilakukan pengamanan terpadu baik dari Kepolisian, TNI, Pemerintah Kota Medan dan forum koordinasi pimpinan daerah lainnya.

Sementara itu pola pengamanan yang akan diterapkan yaitu dengan cara mengecek terlebih dahulu setelah itu melakukan pengamanan gereja sampai pada saat pelaksanaan beribadah, selain itu guna mengantisipasi kejahatan Nico Afinta menjelaskan bahwa Polresta Medan akan melaksanakan patroli pada daerah-daerah yang dianggap rawan baik itu daerah rawan kemacetan maupun daerah rawan kejahatan.

Dalam pengamanan hari raya natal 2013 dan tahun baru 2014 ini sebanyak 3107 orang personil baik dari kepolisian, TNI, maupun dari Pemerintah Kota Medan akan dilibatkan yang mulai bekerja dari tanggal 25 desember mendatang sampai dengan tahun baru 2014.

Dalam pengamanan ini sebanyak 546 gereja yang ada di Kota Medan akan menjadi objek pengamanan dan diantaranya 12 gereja akan menjadi prioritas pengamanan mengingat keduabelas gereja ini memiliki jamaat yang cukup banyak.

Selain itu juga Polresta Medan telah mendirikan 12 Pos pam yang nantinya akan ditempati oleh personil Kepolisian, TNI dan petugas dari Pemerintah Kota Medan.
 
Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Posting Komentar

Top