0
TELUK MENGKUDU | GLOBAL SUMUT- Sebanyak tiga puluh orang wirausaha perempuan di Kecamatan Teluk Mengkudu, Selasa (28/1/2014) mendapatkan pelatihan Pengembangan Bisnis Usaha dari Lembaga Permodalan, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Region Sumatera Utara.
Kegiatan Pelatihan Pengembangan Bisnis ini merupakan kerjasama Organisasi Buruh Dunia, ILO (International Labour Organization) dengan PNM melalui Project MAMPU yang dijalankan oleh ILO sejak Juli 2013 lalu di Kabupaten Serdang Bedagai terkhusus Kecamatan Teluk Mengkudu yamg menjadi sasaran manfaat program.
Hal tersebut dikatakan Fasilitator Mata Pencaharian, Project ILO MAMPU Kecamatan Teluk Mengkudu, Umi Salamah S.Pd.I saat membuka kegiatan Pelatihan yang digelar di Gedung Rapat PKB, di Desa Pekan Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu.
Umi mengatakan, Pelatihan Pengembangan Bisnis ini merupakan output dari Program ILO MAMPU yang  sasarannya adalah perempuan pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang tidak pernah mendapatkan bantuan dari pihak manapun berupa pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan usahanya, sehingga menjadi rentan bekerja menjadi buruh perempuan.
Kehadiran ILO dengan Project MAMPU adalah untuk merubah paradigm berfikir bagi para wairausaha yang ingin berkembang melalui berkelompok, dimana bantuan tyang diberikan tidak berbentuk fisik seperti bantuan yang diberikan project Pemerintah atau lainnya melainkan berbentuk pelatihan yang bisa menjadi modal berharga bagi pelaku UKM terutama perempuan di Kecamatan Teluk Mengkudu, Ujar Umi.
Kemudian, ditambahkan Umi, dari 30 peserta Pelatihan terdapat masing-masing 10 orang kelompok perempuan pelaku UKM terbagi dari tiga Desa di Kecamatan Teluk Mengkudu, diantaranya Desa Sentang, Desa Sialang Buah dan Desa Pekan Sialang Buah, tiga Desa tersebut merupakan Desa pilihan sasaran penerima manfaat program berdasarkan hasil pemetaan social yang dilakukan oleh Fasilitator Mata Pencaharian dalam menentukan kelayakan peserta penerima bantuan.
Sementara itu, Bisnis Officer (BO) PNM, Habibbullah yang menjadi trainer pada kegiatan tersebut berharap para peserta dapat memanfaatkan seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan, hal itu dikatakannya agar materi yang disampaikan dapat difahami dan dimengerti dengan jelas sehingga nantinya ketika selesai mengikuti pelatihan materi yang didapat dapat diaplikasikan dilapangan sebagai modal dalam usaha untuk pengembangan kelompok dan pengembangan UKM masing-masing.tandasnya.
Hadir pada kegiatan, Fasilitator Mata Pencaharian ILO MAMPU Teluk Mengkudu, Umi Salamah, S.Pd.I, Bussines Officer PNM, Habibullah, Novita Santi, Ingener Technical PNM, Andi Zando Sitorus, mewakili Camat Teluk Mengkudu, Elindasitianur, Kades pekan Sialang Buah, Amar Hasbi, mewakili Kades Sialang Buah, Rahmat Hidayat, mewakili Kades Sentang, Adlin, beserta 30 peserta pelatihan. (umm|gs)

Posting Komentar

Top