0
MEDAN | GALOBAL SUMUT - Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dianugerahi penghargaan Pangripta Nusantara Pratama Tahun 2014 dari Menteri Perencanaan  Pembangunan Nasional (PPN) Republik Indonesia/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Armida Salsiah Alisjahbana di Hotel Bidakara Jalan Jend. Gatot Subroto Jakarta Selatan.
Penghargaan ini diberikan karena Pemko Medan dinilai sebagai daerah yang berhasil meraih prestasi dalam bidang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan.

Anugerah Pangripta Nusantara dibagi ke dalam dua kelompok, yakni Kelompok A dan B. Kelompok A di dalamnya mencakup daerah dengan kriteria sumber daya yang cukup besar untuk menyusun perencanaan pembangunan berkualitas. Sedangkan Kelompok B adalah daerah yang memiliki kriteria sumber daya yang belum optimal, tetapi memiliki kemampuan potensial untuk menyusun perencanaan pembangunan yang berkualitas.

Penghargaan yang diterima Kota Medan ini masuk Kelompok A. Ibukota Provinsi Sumatera Utara berhasil menempati peringkat kedua untuk tingkat Kabupaten/Kota terbaik di seluruh Indonesia. Untuk posisi pertama diraih Kota Bintan, sedangkan Kota Cilegon menempati posisi ketiga. Eldin merasa bangga dan terharu atas  penghargaan yang diterimanya tersebut, sebab ini kali pertamanya Kota Medan berhasil meraih penghargaan dalam bidang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan tersebut.

Kita tentunya sangat bangga dan bersyukur atas penganugerahaan penghargaan Pangripta Nusantara Pratama tahun 2014 yang diserahkan langsung Menteri PPN Republik Indonesia/Kepala Bappenas ini. Alhamdulillah kita dinilai sebagai daerah dengan hasil perencanaan yang baik untuk tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia. Tentunya penghargaan dari pemerintah pusat ini akan lebih memotivasi kita ke depannya untuk membuat suatu kegiatan perencanaan dan penataan kelembagaan kita yang lebih baik lagi,” kata Eldin usai menerima penghargaan.

Mantan Sekda Kota Medan ini selanjutnya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh staf dan stake holder yang selama ini telah bersama-sama dengan Pemko Medan menjalankan Musrenbang dengan sangat baik. Terbukti, keberhasilan menerima penghargaan ini tidak terlepas dari wujud kebersamaan dalam rangka merencanakan pembangunan yang lebih baik di Kota Medan. Dia berharap kebersamaan ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi sehingga menghasilkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu lagi.

Anugerah Pangripata Nusantara Tahun 2014 ini diserahkan  Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana dalam acara Penutupan Pra Musrenbangnas 2014 sekaligus Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2015.

Selain menyerahkan Anugerah Pangripta Nusantara Pratama, Menteri PPN juga menyerahkan Anugerah Pangripta Nusantara Utama untuk tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi se-Indonesia. Kemudian menyerahkan penghargaan MDGs Tahun 2014 kepada sejumlah Provinsi. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Pameran Perencanaan Pembangunan Nasional 2014.(red)

Posting Komentar

Top