0
MEDAN | GLOBAL SUMUT- Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi berharap tingkat kelulusan siswa  yang mengikuti  Ujian Nasional (UN) di Kota Medan bisa mencapai 100 persen.  Sebab, dia melihat persiapan yang telah dilakukan masing-masing sekolah untuk menggelar UN tahun ini lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di samping itu  para siswa yang mengikuti UN dimintanya  tidak perlu stress  dalam  memikirkan ujian dan harus tenang agar hasilnya bisa lebih baik lagi.
               
Harapan ini disampaikan  Eldin usai meninjau pelaksanaan UN di SMK Negeri 3  Medan Jalan STM Medan, Senin (14/4). Dalam peninjauan ini turut hadir auditor Inspektur Jenderal (Irjen) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, Fauziah serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan.
               
Berdasarkan hasil peninjauan yang telah kita lakukan bersama ibu dari auditor Irejen Kemendikbud, hari pertama pelaksanaan UN di Kota Medan berjalan dengan lancar. Walaupun sempat ada kekurangan beberapa soal matematika sehari sebelum pelaksanaan UN, namun Minggu  (13/4) malam  soal matematika itu sudah sampai, kata Eldin.
               
Kemudian Eldin menjelaskan, kemungkinan terjadinya kebocoran soal pada UN tahun ini seperti yang dilansir sejumlah media dinilainya  sangat kecil.  Pasalnya, seluruh soal yang datang dari pusat langsung mendapat pengawalan ketat. Sebelum didistribusikan ke sekolah-sekolah jam 05.00 subuh, seluruh soal  yang ditempatkan di gudang Dinas Pendidikan dikawal 10 orang aparat kepolisian dan tak satupun diperkenankan masuk.
               
Saya rasa kecil sekali  kemungkinan bisa terjadi kebocoran soal. Seluruh soal yang berasal dari pusat ditempatkan dalam kotak. Sudah itu lembaran soal dilapisi plastik dan disegel lagi. Untuk membuka plastiknya saja sangat sulit.  Apalagi lembaran soal akan dibuka di depan kelas tentunya dalam kondisi utuh. Jadi Insya Allah kebocoran soal tidak terjadi,” jelasnya. (Red)

Posting Komentar

Top