0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi didampingi Kadis Pendidikan dan Pimpinan SKPD lainnya meninjau pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional di SMK Negeri 3 Medan.Pagi ini, Ujian Nasional tahun ajaran 2013/2014 diikuti sebanyak 42.000 siswa yang berasal dari 349 sekolah dari tingkat SMA, MA, dan SMK yang telah terdaftar di Dinas Pendidikan Kota Medan.
Dijadwalkan untuk tingkat SMA/MA dan SMK ujian akan dilaksanakan tiga hari yakni pada tanggal 14 sampai 16 April, Siswa SMA program IPA mengkuti ujian Bahasa Indonesia dan Biologi. Siswa SMA program IPS diuji dengan soal Bahasa Indonesia dan Geografi. Lalu,  siswa SMA program Bahasa dites dengan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Sementara itu, siswa Madrasah Aliyah (MA) dan SMK juga diuji dengan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, siswa MA hari ini juga mengikuti ujian Hadis.
berdasarkan hasil pantauan Plt Walikota melihat pelaksanaan UN berjalan Aman dan lancar, tidak ada kendala yang berarti seperti kekurangan lmbar jawaban atau lembar soal, siswa -siswi juga mengerjakan soal ujian tersebut dengan tenang, Plt Walikota juga berpesan kepada Siswa- siswi agar mengerjakan soal dengan baik dan benar.
saya pesankan kepada anak - anak peserta UN agar mengerjakan soal- soal dengan baik dan benar jangan terburu - buru, yakinlah dengan kemampuan yang kalian miliki selam belajar di sekolah, semoga kalian semua lulus UN dengan nilai yang bagus" pesan Walikota saat mengecek ke kelas.
Plt Walikota Medan kemudian bergerak kelas lainnya, akan tetapi dikelas tersebut Plt Walikota dan rombongan tidak masuk kelas karena jam sudah menunjukkan pukul 08.00 dimana tidak diperbolehkan lagi seseorang masuk ke dalam kelas kecuali pengawas Ujian.
Dalam kesempatan Tersebut Dzulmi Eldin yang juga didampingi anggota DPD RI Parlindungan Purba dan Inspektorat Kemendikbud Fauziah mengungkapkan "Pelaksanaan UN tahun ini berjalan dengan lancar dan lebih baik dari tahun sebelumnya, untuk permasalahan kurangya lembar soal matematika sudah diselesaikan karena malam soal tersebut sudah tiba.", kata Eldin.
Eldin juga menjelaskan terkait isu kebocoran yang beredar bahwa "untuk kebocoran soal sedikit sekali karena soal tersebut di segel dalam kotak dan dalam kotak tersebut lembar soal juga di segel, maka hal tersebut membuat semakin sulitnya terjadi kebocoran soal, gudang penyimpanan soal juga dijaga ketat petugas dan saya menghimbau agar anak didik jangan terpancing dengan hal tersebut, percaya aja dngan kemampuan diri sendiri" ungkapnya.
untuk UN tahun ini Eldin berharap, "saya menargetkan seluruh peserta UN baik tingkat SMA/SMK/ MA dapat lulus 100 % semua, dan seluuh siswa dapat melalui UN dengan baik dan lulus dengan Nilai yng sempurna", harapnya
sementara itu Inspektorat Kemendikbud Fauziah mengungkapkan "pelaksanaan UN thun ini jauh lebih baik daru tahun lalu, pendistribusian soal di tahun ini dilakukan pada pukul 05.00 yang dibagikan kepada setiap sekolah sehingga kemungkinn terjadinya kebocoran soal tidak akan terjadi, pendistribusian juga dikawal petugas", katanya
sedangkan Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Drs Usman Lubis mengatakan Jumlah peserta UN di SMK3 berjumlah 393 siswa yang dibagi 20 kelas dengan pengawas 2 orang disetiap kelasnya. di SMK N 3 tidak terdpat siswa dari sekolah lain.
Usman juga menjelaskan Pihaknya menargetkan kelulusan 100 persen bagi siswa- siswa peserta UN tahun ini, dimana tahun lalu tingkat Kelulusan disekolah ini 98%, hal tersebut diseabkan karena seorang siswa tidak hadir. UN hari ini tidak ada kendala smua lembar soal dan lembar jawaban lengkap semua, seluruh siswa pun hadir. (Red)

Posting Komentar

Top