0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengizinkan penggunaan mobil dinas untuk keperluan mudik Lebaran, dengan syarat tetap mematuhi aturan yakni dilarang menggunakan BBM bersubsidi. Hal itu diungkapkan Gubsu saat memimpin apel terakhir menjelang Lebaran dan sekaligus pemberian infaq bagi PNS di Lingkungan Pemprovsu, Jumat (25/7/2014) pagi di halaman Kantor Gubernur Sumut Medan.
"Dengan pertimbangan beberapa hal saya berprinsip mobil dinas eselon III keatas saya perkenankan untuk digunakan mudik," kata Gubsu bertindak sebagai Pembina Apel Terakhir menjelang Lebaran.
Gubsu mengatakan, terdapat beberapa pertimbangan mobil dinas boleh dipergunakan untuk mudik Lebaran, salah satu faktornya keamanan saat rumah dalam keadaan kosong ketika ditinggal mudik. Kemudian, pertimbangan lain adalah tidak efektifnya kalau mesin dibiarkan diam atau tidak dipanaskan. "Tentu lebih baik dipakai untuk mudik," ujar Gubsu.
Namun, ia juga menegaskan ada batasan untuk menggunakan mobil dinas, di antaranya tidak diperbolehkan mengajukan klaim penggunaan BBM untuk operasional serta tidak diperbolehkan memanfaatkan BBM bersubsidi. "Tetapi alangkah baiknya pejabat eselon 3 keatas dan mungkin mereka sudah punya mobil pribadi sementara ada staff nya di lingkungan dinas tersebut yang perlu juga mudik. Maka alangkah indahnya kalau pejabat eselob III keatas itu kalau mau mudik menggunakan mobil pribadinya dan mobil dinasnya dipijamkan kepada staffnya," ujarnya.
Itupun, lanjut Gubsu lagi,  juga dengan catatan bahwa BBM-nya ditanggung si pemakai dan selama pemakaian dirawat dan dijaga kebersihan. " Maka semua itu akan lebih produktif," harap Gubsu. 
Diakhir arahannya, menyangkut lebaran, Gubsu menyampaikan kepada semua pihak bahwa mudik momerntum silaturahim. Diharapkan semua masyarakat, termasuk PNS bisa meninggalkan budaya negatif dalam menyambut lebaran. Selain itu, PNS harus berkomitmen bersama membangun daya saing Provinsi Sumut menuju provinsi yang berdaya saing maju dan sejahtera.
"Lebaran jangan foya-foya sebaiknya tentu kita punya tabungan maka itu hendaknya untuk membantu adik di kampung, membantu saudara dan membantu perbaikan rumah dikampung," ajaknya.
Dalam kegiatan apel, Gubsu H. Gatot Pujo Nugroho ST, MSi didampingi Wagubsu H. Ir. Tengku Erry Nuradi, MSi, Sekdaprovsu H. Nurdin Lubis, SH, MM, dan seluruh kepala SKPD memberikan Infaq kepada PNS golongan II secara simbolik dan dilanjutkan saling bersalaman dengan seluruh peserta upacara.(Red/GS)

Posting Komentar

Top