0
MEDAN  | GLOBAL SUMUT-Semester pertama atau triwulan II tahun 2014, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I mencatatkan pertumbuhan trafik yang positif. Pada Semester I 2014, kunjungan kapal ke Pelindo I naik 15, 72% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.
Hal ini diungkapkan oleh Direktur Bisnis Pelindo I, Syahputra Sembiring, Selasa (22/07). “Realisasi trafik kunjungan kapal Semester I 2014 sebesar 35.771 call atau 82.673.844 GT (Gross Tonnage) meningkat 15,72% dari Semester I 2013 yang sebesar 30.911 call atau 73.492.219 GT” jelas Syahputra.
Trafik bongkar muat barang menunjukkan peningkatan tipis, 1,27% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yaitu sebesar 36,86 juta ton. Sedangkan bongkar muat terminal petikemas mencapai 659.385 Teus dan arus penumpang sebanyak 2.525.679 orang.
Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa, Pelindo I sejak Juli ini, khususnya dalam pelayanan bongkar muat petikemas yang lebih fokus dan efektif serta efisien, Syahputra menjelaskan bahwa Manajemen Pelindo I membentuk unit baru yaitu Terminal Petikemas Domestik Belawan (TPK Domestik Belawan).
Pembentukan unit baru dilakukan dengan memisahkan manajemen pengelolaan Terminal Petikemas Belawan International Container Terminal (BICT) menjadi Terminal Domestik dan Terminal

Internasional yang berlaku mulai tanggal 1 Juli 2014. Dalam proses transisi, Manajemen BICT dan TPK Domestik Belawan menjamin pelayanan bongkar muat kepada customer akan berjalan seperti biasanya. 
Syahputra yang didampingi oleh ACS Humas M. Eriansyah, menjelaskan bahwa melalui pemisahan pengelolaan antara Terminal Domestik dan Internasional ini diharapkan akan meningkatkan pelayanan dan kinerja bongkar muat petikemas domestik dan internasional, karena masing-masing unit kerja akan bekerja lebih fokus. “Terminal Domestik atau Antar Pulau ini akan dikelola dibawah manajemen “Terminal Petikemas Domestik Belawan” sedangkan yang internasional akan dibawah pengelolaan Manajemen BICT,” ujar Syahputra.
Ditambahkannya bahwa Struktur organisasi Terminal Domestik Petikemas Belawan terdiri dari General Manager, Manajer Divisi Operasi, Manajer Divisi Teknik dan Manajer Divisi keuangan dan Umum.
Terkait dengan fasilitas dan peralatan, dijelaskan bahwa Terminal Domestik Petikemas Belawan mempunyai Container Crane 4 unit, Transtainer 9 unit, HMC sebanyak 2 unit, Head Truck 18 unit, Chasis 20 unit, Reachstacker 4 unit dan Side Loader sebanyak 2 unit.  
Dijelaskan bahwa saat ini Pelindo I sedang melakukan Changes Management dalam rangka Tranformasi Bisnis. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien untuk mendukung kelancaran arus logistik yang akhirnya juga berujung pada peningkatan pendapatan perusahaan serta menghasilkan output logistik yang  mempunyai daya saing tinggi. “Beberapa waktu yang lalu untuk Terminal Petikemas Belawan, kami telah melakukan pencanangan 

Ground Breaking untuk pembangunan Dermaga di BICT Tahap II 350 meter,  penerapan Host to Host untuk system pembayaran dan penerapan Autogate di BICT,” kata Syahputra.
“Semua usaha tersebut dilakukan untuk meningkatan pelayanan kepada pengguna jasa termasuk pembentukan unit baru di Terminal Container Belawan kali ini juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan semakin fokus, efisien dan efektif,” tegas Syahputra.(GS-01)

Posting Komentar

Top