0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menutup Ramadhan Fair 2014 di 2014 di areal Muhammadiyah Cabang  Belawan Jalan Medan-Belawan, Kelurahan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (24/7/2014). Selama hampir sebulan even ini bergulir, perputaran uang yang terjadi lebih kurang Rp.450 juta.

Menurut Wali Kota, even ini sengaja digelar sebagai wadah silaturahmi dan interaksi social yang bersifat religious. Selain itu menjadi wadah bagi dunia usaha, khususnya UMKM dapat berkembang serta memperluas akses pasarproduk yang dihasilkan. Dengan begitu melalui even ini dapat mendorong pelaku UMKM dapat bersaing di pasar modern.

"Saya berharap Ramadhan Fair ini  bisa menjadi media promosi bagi para pelaku UMKM baik kuliner maupun non kuliner di Medan bagian utara untuk mempromosikan hasil produknya," kata Wali Kota.

Dijelaskan Wali Kota, pelaksanaan Ramadhan Fair 2014 di areal Muhammadiyah Cabang  Belawan ini merupakan yang keempat kalinya digelar untuk kawasan Medan . Pertama digelar di kecamatan Medan Marelan tahun 2011, Selanjutnya tahun 2012 di Kecamatan Medan Deli dan tahun 2013 di Kecamatan Medan Labuhan.
            
Menurut Wali Kota,  animo masyarakat mengikuti Ramadhan Fair  di tempat ini cukup tinggi. Untuk hari biasa, pengunjung mencapai 700 sampai 1000 orang perhari. Sedangkan pada hari libur seperti Minggu, pengunjung bisa mencapai 1.000 sampai 1.200 orang.  Apalagi saat artis religi asal ibukota, Opick mengisi acara, pengunjung sangat membludak.
                
"Seluruh pelaksanaan Ramadhan Fair yang digela rini akan kita evaluasi. Hal-hal yang menjadi kekurangan dan kelemahan akan terus kita perbaiki. Dengan demikian pelaksanaan Ramadhan Fair ke depannya akan jauh lebih baik lagi dan masyarakat pun bisa merasakan langsung manfaat kehadirannya," jelas Wali Kota.
                
Sementara itu Kadis Kebudayaan dan Pariwisata  Kota Medan Drs Busral Manan mengatakan, even Ramadhan Fair di area Muhammadiyah Cabang Belawan ini diikuti 40 stand dengan perincian 20 stand UMKM kuliner dan 20 stand UMKM non kuliner. "Selama 20 hari even ini berlangsung, perputaran uang yang terjadi mencapai Rp.450 juta," jelas Busral.
                
Ditambahklan Busral, pada saat Opick mengisi acara, telah dilakukan pengumpulan dana spontan dari para pengunjung. "Alhamdulillah dana yang terkumpul sekitar Rp.20 juta. Dana itu telah kita serahkan kepada camat Medan Belawan untuk disalurkan kepada anak yatim yang ada di Belawan," ungkapnya. (red)

Posting Komentar

Top