0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Sebanyak 99 dari 100 Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terpilih Periode 2014-2019 dilantik di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin (15/9/2014). Satu orang tidak dilantik karena sakit.

Dari 99 yang dilantik, tiga di antaranya berstatus tersangka, bahkan dua orang merupakan tahanan polisi.

Ketiga tersangka yang turut dilantik masing-masing Zulkifli Siregar dari Partai Hanura, Eveready  Sitorus dari Partai Gerindra dan Hartoyo dari Partai Demokrat.

Zulkifli Siregar merupakan tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) di 6 kabupaten/kota di Sumut. Namun, Ketua DPW Partai Hanura Sumut ini tidak ditahan.

Eveready Sitorus merupakan tersangka kasus penggelapan uang perusahaan perkebunan sawit senilai Rp200 juta. Dia sudah ditahan penyidik Polda Sumut pada Senin (8/9/2014). Laki-laki yang terpilih dari Dapil Sumut III dikawal petugas kepolisian saat datang dan meninggalkan Gedung DPRD Sumut.

"Dia memang tahanan kita, kasusnya di Direktorat Reserse Kriminal Umum. Jadi tadi dia kita kawal menuju gedung Dewan, dan setelah itu kembali ke tahanan," ujarDirektur Tahanan dan Barang Bukti Polda Sumut AKBP Watimin Panjaitan.

Sementara itu, Hartoyo merupakan tersangka dalam kasus penipuan dan penggelapan satu unit mobil Toyota Innova BK 1285 OD. Dia juga merupakan tahanan Polres Serdang Bedagai (Sergai) sejak Rabu (23/7/2014).

"Statusnya masih tersangka dan kita tahan. Kasusnya dalam proses pelimpahan ke Kejaksaan. Tadi dia dikawal menuju lokasi pelantikan, dan dikabarkan sedang dalam perjalanan ke Serge setelah dilantik," kata Kasatreskrim Polres Sergai AKP Hady Saputra Siagian.

Adapun Anggota DPRD Sumut yang dilantik, 17 orang dari Partai Golkar, PDI Perjuangan 16 orang, Partai Demokrat 14 orang, Partai Gerindra 13 orang dan Partai Hanura 10 orang.

Kemudian Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 9 orang, Partai Amanat Nasional (PAN) 6 orang, Partai Nasdem 5 orang, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 4 orang, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 3 orang serta Partai Persatuan dan Keadilan Indonesia (PKPI) 3 orang.

Dari 100 Anggota DPRD terpilih, satu orang tidak ikut dilantik karena sakit demam berdarah, yakni Wagirin Arman dari Partai Golkar. (Red/GS/Mdn)

Posting Komentar

Top