0
MEDAN | GLOBAL SUMUT -Ingin melihat potensi untuk  dalam memperkuat  program Sister City antara Medan dan Milwaukee, Amerika Serikat, serta perkembangan potensi ekonomi dan infrastruktur di Sumatera Utara, delegasi  dari Milwaukee,  Amerika Serikat melakukan kunjungan  ke PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I tepatnya di Pelabuhan Belawan. Delegasi tersebut dipimpin oleh Joe Davis Chairman of International Sister City Committe, City of Milwaukee beserta anggota DPR, Asosiasi Sister City dan pengusaha AS yang didampingi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) untuk Chicago Andriana Supandy, Ketua Kadin Medan Rudi Zulham serta Pemko Medan.
Kunjungan ke tersebut disambut oleh GM Pelabuhan Belawan yang diwakili oleh Rudi Susanto, Manager Terminal Pelabuhan Belawan, dan Otoritas Pelabuhan Belawan yang diwakili oleh JP Pangaribuan, serta jajarannya pada Jumat, (10/10). Dalam sambutannya, Rudi memberikan penjelasan singkat tentang bisnis kepelabuhanan yang dijalankan oleh Pelindo I secara umum dan juga Pelabuhan Belawan secara khususnya. Rudi menjelaskan terkait fasilitas dan peralatan yang dimiliki serta program pengembangannya.  
“Sebagai Pelabuhan utama Pelindo I, trafik Pelabuhan Belawan meningkat terus menerus dari tahun ketahun. Untuk mengantisipasi kongesti yang akan terjadi di Pelabuhan Belawan, saat ini Pelindo I sedang proses melakukan pembangunan dermaga di Belawan Internasional Container Terminal (BICT) sepanjang 700 meter  yang dan juga akan melakukan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai Pelabuhan Hub Port Indonesia di bagian barat,” jelas Rudi.
“Pelabuhan Belawan memiliki komoditi yang didominasi oleh produksi hinterlandnya yaitu CPO, dan juga general cargo lainnya. Potensi Hinterland utamanya berasal dari  sektor agroindustri dikawasan Sumatera yaitu CPO dan saat ini Pelindo I memiliki dua pelabuhan utama sebagai pintu gerbang ekspor CPO ke seluruh dunia yaitu Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Dumai”, jelas Rudi.
Sementara KJRI Chicago, Andriana Supandy mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi sambutan Pelindo I terhadap kunjungan delegasi dari Milwaukee, Amerika Serikat. Ia mengatakan bahwa kunjungan ini bermaksud untuk menjajaki Sister City Medan dan Milwaukee, tentunya salah satunya akan terkait dengan infrastruktur Pelabuhan.
“Hal ini karena melihat potensi kota Medan dengan adanya Pelabuhan Belawan yang terletak strategis dekat dengan Selat Malaka jalur perdagangan dunia. Selain itu kunjungan ke Pelabuhan Belawan adalah dalam rangka menyambut baik program pemerintah yang fokus akan konektivitas nasional dan berfokus pada kekuatan maritime. Sehingga peran pelabuhan memegang peranan penting dalam perekonomian. Dan tentunya hal ini juga terkait dalam rencana Sister City Medan Milwaukee ini. Tentunya peran Pelabuhan akan sangat penting karena  terkait dengan Infastruktur dan transportasi.” Kami merasa pertemuan ini sangat berharga, dan mengharapkan dukungan Pelindo I dalam rencana tersebut”  ujarnya.
Pada pertemuan yang berlangsung di ruang Tacoma Pelabuhan Belawan, Para pejabat AS tersebut sangat tertarik dengan hal tersebut dan berdiskusi secara aktif tentang pengembangan pelabuhan Belawan, kesiapan fasilitas dan peralatan serta potensi pasar. 
Sementara ACS Humas Pelindo I, M. Eriansyah yang diwakili oleh staf Humas Fiona Sari Utami dan Nova Indrawan, menyampaikan bahwa usai pertemuan tersebut Rombongan Delegasi AS tersebut  melakukan kunjungan lapangan ke Terminal Curah Cair CPO pelabuhan Belawan dan juga ke Belawan Internasional Container Terminal (BICT) bersama untuk melihat secara dekat fasilitas dan operasional pelayanan Bongkar muat CPO dan Petikemas di pelabuhan Belawan. (Abu/GS/Mdn)

Posting Komentar

Top