0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT - Ratusan kios tempat berjualan ikan maupun pakaian di jalan Jawa Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan terbakar, Jumat dinihari tadi (10/10/2014) sekira pukul 00.45 WIB.

Belum diketahui persis penyebab kebakaran itu terjadi namun hampir seluruh kios sebagai tempat berdagang para pedagang dipastikan pagi ini tak dapat menjalankan aktivitas bisnisnya sebagaimana biasanya.

Meski tak ada menimbulkan korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.Api sulit dipadamkan kala itu apalagi hampir seluruh bangunan berbentuk semi permanen bangunan kios masih banyak terbuat dari kayu.

Informasi diperoleh media ini , peristiwa kebakaran yang terjadi menjelang tengah malam (9/10) itu diketahui setelah beberapa warga yang bermukim di sekitar lokasi pasar melihat kepulan asap disertai nyala api yang keluar dari salah satu bangunan kios milik pedagang.
Api yang terus membesar menjalar ke tumpukan barang dan bangunan kios lainnya. Dalam hitungan menit, api yang sulit dikuasai membuat warga sekitar panik. Sedikitnya 10 armada pemadam kebakaran Pemko Medan yang tiba di lokasi setelah mendapat kabar berupaya melakukan pemadaman.
“Penyebabnya saya tidak tahu pasti, cuma ada yang bilang api muncul dari salah satu kios milik pedagang,” ujar, warga setempat.
Hingga pukul 00.30 WIB atau Jumat (10/10) dini hari api masih terlihat menyala. Petugas armada pemadam kebakaran bersama warga terlihat berjibaku menerobos memasuki lokasi jalan sempit guna melakukan upaya pemadaman dengan menyemprotkan air ke arah titik api yang membakar pasar tradisional tersebut.
Diperkirakan sebanyak 20 unit mobil pemadam kebakaran baik dari Belawan maupun Pemko Medan dikerahkan, akantetapi kobaran api yang membara ditiup angin malam di daerah dekat pantai Belawan itu memang sulit dijinakkan, ditambah lagi sempitnya lorong untuk masuknya petugas pemadam kebakaran.Hingga akhirnya api berhasil dipadamkan 2 jam kemudian dan peristiwa kebakaran ratusan kios di Pasar Belawan masih dalam penyelidikan pihak Polres Pelabuhan Belawan guna mencari tahu penyebab kebakaran, apakah ada unsur sabotase atau hanya alasan klasik karena konsleting arus listrik.
Camat Medan Belawan, Said Chaidir kepada Sumut Pos mengaku, belum mengetahui persis penyebab terjadinya kebakaran dimaksud. Hanya saja sebutnya, dirinya mendapat laporan dari pihak kelurahan bahwa Pasar Inpres yang berada di wilayahnya terbakar.
“Berapa jumlah kios yang terbakar pun, saya belum tahu. Saya hanya mendapat laporan tentang terjadinya kebakaran di Pasar Inpres Belawan. Saat ini, Lurah Belawan 2 dan anggota saya masih berada di lokasi kebakaran,” katanya.(red)
 

Posting Komentar

Top