0
MEDAN  | GLOBAL SUMUT-Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melaunching pameran Medan Metropolitan Property Expo 2014 di Cypress Room Hotel Grand Aston City Hall Medan, Jumat (24/10/2014).  Diharapkan pameran ini mampu berfungsi dan berperan besar untuk mendukung sektor properti dapat lebih berkembang sekaligus  memberikan banyak manfaat, baik bagi pelaku usaha properti (pengembang) maupun  kepada masyarakat selaku konsumen.

Selain itu Wali Kota juga ingin pameran ini nantinya mampu menjembatani interaksi antara pengembang dan masyarakat dengan informasi yang seluas-luasnya, sehingga pasar properti dapat lebih prospektif, kompetitif, sehat  dan mampu lebih menjangkau masyarakat secara luas pada masa mendatang.

Sebagai kota besar dengan penduduk hampir mencapai 3 juta jiwa dan income perkapita masyarakat yang terus meningkat, kata Wali Kota, industri  properti memiliki prospek yang cukup cerah di Kota Medan. Namun  Wali Kota mengingatkan, aktifitas bisnis ini tetap harus mengedepankan fungsi – fungsi sosialnya dengan memperhatikan regulasi yang ada, sehingga pengembang maupun masyarakat konsumen terlindungi secara baik.

"Melalui pameran ini, saya berharap masyrakat bisa mendapatkan informasi luas berbagai bentuk dan model perumahan serta jenis properti lainnya. Dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan berbagai alternatif pengadaan rumah yang lebih sesuai dengan kemampuannya serta kualitas lebih baik,” kata Wali Kota.

Mantan Sekda Kota Medan ini selanjutnya ingin launching sekaligus technical meeting yang dilakukan ini menjadi bagian efektif untuk penyelenggaraan pameran nantinya. Apalagi berdasarkan laporan panitia, peserta yang akan mengikuti pameran cukup tinggi. “mudah-mudahan launching dan technical meeting ini menjadi bagian efektif untuk penyelenggaraan pameran nantinya," ungkapnya.

Sebelum menuntaskan sambutannya, Wali Kota tak lupa memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas sumbangsih semua pihak  yang terlibat dalam pameran Medan Metropolitan Property Expo 2014. Dia berharap even  properti yang baru pertama kalinya digelar di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Sementara itu Kadis TRTB Kota Medan Ir Sampurno Pohan dalam laporannya mengatakan, sesuai dengan amanah undang – undang tentang penataan ruang, pameran ini diselenggarakan untuk mengetahui kondisi terkini keadaan pengembang di Kota Medan. Artinya, pameran ini digelar agar semua pengembang mengetahui dan membangun perumahan sesuai dengan tata ruang.

Menutut Sampurno, pameran ini harus bekelanjutan karena semua properti memerlukan wadah untuk memamerkan atau memasarkan produk mereka. Jadi  pameran ini tidak hanya untuk menjual perumahan, akan tetapi akan ada menjual bahan bangunan dan akan ada arsitek dari Univedrsitas Sumatera Utara (USU) guna membuat suatu desain perumahan yang layak huni dan seimbang dengan tata ruang.

“Setiap pengembang bisa melihat bagaimana perumahan yang ideal dan ruang terbukanya yang bagus dengan hadirnya klinik dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)  Universitas Sumatera Utara (USU). Dengan klinik ini, maka masyarakat maupun pengembang bisa berkonsultasi  lebih dahulu sebelum membangun rumah. Sebab, rumah iktu bukan hanya sekedar besar namun harus nyaman ditempati,” paparnya.

Dijelaskan Sampurno, visi dan misi pameran ini  ini digelar untuk terciptanya tata ruang dan bangunan yang seimbang serta harmonis dalam pembangunan Kota Medan metropolitan secara berkesinambungan. Selain itu untuk mengoptimalkan arena Medan Metropolitan Expo sebagai sarana informasi dan promosi bidang properti, perbankan, building material guna mengingkatkan kemampuan pembangunan ekonomi.

Untuk pameran ini, Sampurno mengatakan pihaknya menyediakan sebanyak 60 stand dan keseluruhan stand sudah habis diisi 37 pengembang, sebab ada pengembang yang mengambil lebih dari satu stand untuk mempromosikan properti yang dibangunnya. Peserta pameran terdiri dari produk real estate, building material, interior dan eksterior, lembaga keuangan, perbankan, asuransi, produk furniture, perlengkapan kantor dan rumah tangga. Sedangkan produk yang dipamerkan berupa perumahan, apartement, kondomunium, ruko, villa dan resort.(Red)

Posting Komentar

Top