0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) tentang Bantuan Pengamanan Aset serta Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan PT Pelabuhan  Indonesia I (Persero) dalam Wilayah Kerja Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Rabu (08/01/2015).
Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana dan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polisi Drs. Eko Hadi Sutedjo, S.H., M.Si, bertempat di Kantor Pusat Pelindo I di Medan. Nota Kesepahaman ini dimaksudkan untuk menjadi pedoman dalam rangka saling memahami dalam memberikan bantuan pengamanan aset serta pemeliharaan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja Pelindo I dalam wilayah kerja Poldasu, dan juga untuk meningkatkan koordinasi pengawasan, pembinaan dan kerjasama bagi para pihak dalam rangka terwujudnya penyelenggaraan pengamanan aset dalam penegakan hukum pada lingkungan kerja Pelindo I dalam wilayah hukum Poldasu.

Dalam Sambutannya, Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana menyampaikan terimakasih kepada Kapoldasu dan jajarannya yang telah mendukung program pengamanan aset  dan pemeliharaan keamanan di lingkungan kerja Pelindo I. “Saat ini Pelindo I memiliki tiga proyek besar dan strategis yang akan dilakukan selama tahun 2015-2017, dan proyek tersebut berada di wilayah Sumatera Utara. Adapun ketiga proyek tersebut yaitu Pengembangan Terminal Peti Kemas Gabion Belawan sepanjang 700 meter, Pelebaran dan pendalaman alur laut di Pelabuhan Belawan dan Pengembangan pelabuhan dan kawasan terpadu di Kuala Tanjung,ujar Bambang.

Bambang mengharapkan dengan adanya kerjasama ini, dapat meningkatkan koordinasi terkait pengamananan ketiga proyek strategis tersebut, sehingga kegiatan operasional dapat berjalan dengan lancar dan keamanan aset dapat terjaga dengan baik.

Kapoldasu Irjen (Pol) Drs. Eko Hadi Sutedjo, S.H., M.Si, dalam sambutannya mengatakan, “Kerjasama ini sangat penting karena salah satu tugas Polri adalah mengawal kebijakan Pemerintah, yaitu menghadirkan Pemerintah dalam setiap program pembangunan masyarakat. Salah satu program  Pemerintah saat ini yang fokus untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, dinilai sangat relevan dengan program-program strategis yang saat ini sedang dikerjakan oleh Pelindo I. Untuk itu Poldasu dan jajarannya siap mengawal dan mendukung penuh terhadap pengamanan aset negara, khususnya dalam mengawal program strategis yang akan dikerjakan oleh Pelindo I”  kata Eko

Sementara ACS Humas Pelindo I M. Eriansyah menambahkan Ruang lingkup dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani ini meliputi pemberian bantuan pengamanan aset negara yang dikelola oleh Pelindo I di Pelabuhan Belawan, Gunung Sitoli dan Sibolga termasuk penertiban terhadap pihak-pihak yang mengganggu, menduduki dan atau menguasai aset tersebut secara tidak sah, serta pemberian bantuan pengamanan terhadap pelaksanaan program strategis Pelindo I antara lain perluasan terminal petikemas di Gabion Belawan, dan pemberian bantuan pengamanan terhadap rencana pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung.(Abu/GS/Mdn)

Posting Komentar

Top