0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pada hakikatnya pergerakan perempuan memang tidak dapat dipungkiri pada kesejarahan bangsa. Tidak  sedikit  organisasi perempuan turut andil dalam menyongsong Indonesia merdeka.  Dalam konteks kekinian, organisasi perempuan juga telah berkembang dan memiliki banyak peran dan fungsinya. Salah satunya adalah organisasi Sekar Mirah Joko Tingkir.
               
Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi ketika menghadiri pelantikan 10 Pengurus Cabang (PC) Sekar Mirah Joko Tingkir se-Kota Medan di Jalan Bunga Pariaman Gg. Family, Kelurahan Ladang Bambu, Kecamatan Medan Tuntungan, Minggu (4/1).
               
Menurut Wali Kota, sebagai salah satu sayap dari organisasi Joko Tingkir,  Sekar Mirah tentunya memiliki ranah sendiri dalam menjalankan perannya. Untuk itulah mantan Sekda Kota Medan ini, mengajak Sekar Mirah akan terus mendukung program Pemko Medan, khususnya menyangkut kaum ibu seperti penerapan keluarga berencana,  program Medan Berhias (bersih, hijau, asri dan sehat) dan lain sebagainya.
               
“Selain mendukung program Pemko Medan, saya juga berharap agar Sekar Mirah mampu melestarikan kebudayaan. Sebab, Medan merupakan kota majemuk dan 33 persen penduduknya merupakan suku Jawa. Jadi saya menginginkan kelestarian kebudayaan  kita yang sangat kaya ini dapat terus terjaga. Peran aktif ini yang saya harapkan dari Sekar Mirah  ,” kata Wali Kota.
               
Untuk itulah Wali Kota sangat mengapresiasi pelantikan 10 PC Sekar Mirah se-Kota Medan. Kepada para pengurus yang baru dilantik, Wali Kota  mengucapkan selamat bekerja. Dengan menyebarnya Sekar Mirah sampai tingkat Kecamatan  akan semakin memberikan sinergi positif bagi pembangunan Kota Medan, sekaligus pembinaan  masyarakat secara menyeluruh dan bermanfaat.
               
Selanjutnya Wali Kota mengajak seluruh camat untuk membantu dan bersinergi dengan pengurus Sekar Mirah yang ada di wilayahnya masing-masing. Dengan sinergitas yang dilakukan, Wali Kota optimistis banyak  bisa dilakukan, terutama dalam rangka pemberdayaan kaum ibu dan peningkatan kesejahteraan.
               
Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) Joko Tingkir, Sukirmanto SH sangat terharu atas pelantikan yang dilakukan. Apalagi pelantikan ini dilakukan di ujung selatan Kota Medan yaitu Kecamatan Medan Tuntungan. Dia berharap pengurus yang dilantik ini bergerak dengan cepat dan memperluas jaringan, sehingga Sekar Mirah tersebar di seluruh kecamatan di Kota Medan.
               
Selanjutnya Sukirmanto berniat untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan memalui koperasi yang mereka miliki. Salah satu bentuk pemberdayaan yang dilakukan dengan menjual sembako di seluruh kecamatan. Untuk mendukung kegiatan ini, Soekirman minta dukungan penuh seluruh camat yang ada.
               
Usai pelantikan 10 PC Sekar Mirah kata Sukirmanto, mereka akan mencanangkan Gerakan Ibu Menanam yang dipelopori pengurus Sekar Mirah. Gerakan Ibu Menanam ini akan dimulai dari Kecamatan Medan Tuntungan. “Kita ingin menghijaukan Kecamatan Medan Tuntungan, sebab wilayah ini merupakan kawasan resapan air. Hal ini kita lakukan dalam rangka mencegah terjadinya banjir,” jelas Sukirmanto.
               
Sementara itu Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia Putra Ginting SSTP yang dinobatkan sebagai warga kehormatan Joko Tingkir dengan memakaikannya baju Joko Tingkir sangat mengapresiasi pelantikan pengurusan PC Sekar Mirah. Dia akan mengajak seluruh pengurus dan anggota Sekar Mirah Kecamatan Medan Tuntungan untuk bersama-sama membangun dan memajukan wilayah tersebut.
               
“Kita akan mengajak ibu-ibu pengurus PC Sekar Mirah Kecamatan Medan Tuntungan untuk meningkatkan peran aktifnya dalam mendukung seluruh program pembangunan di Kecamatan Medan Tuntungan, terutama dalam rangka peningkatan kesejahteraan ibu dan anak serta mensukseskan program Medan Berhias,” jelas Gelora. (Wagianto)

Posting Komentar

Top