0
MEDAN |  GLOBAL SUMUT-Car Free Day kini mulai membudaya di tengah masyarakat. Setiap pekannya, ribuan warga Kota Medan dengan penuh antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka untuk menngkampanyekan pentingnya udara bersih dan mengajak masyarakat mengurangi emisi gas buang tersebut. Terbukti, Minggu (26/4), jumlah warga yang mengikuti Car Free Day di Jalan Sudirman Medan, persis depan rumah dinas Wali Kota Semakin banyak.

Apalagi RSUD dr Pirngadi yang kali ini menjadi tuan rumah penyelenggara Car Free Day, menggelar perlombaan Goyang Dumang bagi para pengunjung. Tidak hanya pelajar, kaum ibu juga tidak mau kalah dan penuh antusias mengikutinya. Ditambah lagi sejumlah hadiah menarik telah disediakan bagi para pemenang.

Selain itu RSUD dr Pirngadi juga berhasil membangkitkan partisipasi dari kalangan dunia usaha, perbankan, pendidikan dan masyarakat umum guna mendukung kelancaran Car Free Day tersebut. Karenanya, Wali kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasinya.

Di hadapan ribuah warga yang memadati lokasi Car Free Day, Wali kotamengungkapkan kegembiraannya atas mulai membudayanya kegiatan Car Free Day di Kota Medan. Menurutnya, ajang ini sangat bermanfaat dalam mewujudkan masyarakat yang sehat. "Ini memang telah menjadi program mingguan yang setiap pelaksanaan selalu mendapat sambutan dari stakeholder dan masyarakat. Saya berharap kebersamaan seperti ini tepat terjalin dan semakin ditingkatkan," kata Wali Kota didampingi Kapolresta Medan, AKBP Nico Alfinta karo Karo yang juga turut mengikuti  Car Free Day.

Ditambahkan mantan Sekda Kota Medan ini lagi, Car Free Day juga diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk hidup sehati dengan berolahraga. Dengan tubuh yang sehat tentunya akan melahirkan pemikiran dan kinerja yang akan lebih baik lagi.

Di samping itu paparnya, Pemko Medan setiap pekannya telah menyediakan kawasan Jalan Sudirman Medan untuk melakukan serangkaian kegiatan yang dirangkaikan dengan Car Free Day. Untuk itulah setiap pekannya mulai pukul 06.00 sampai 11.00 WIB, kawasan Jalan Sudirman ditutup.   Dalam kesempatan itu Wali Kota dan Kapolresta serta Dirut RSUD dr  Pirngadi Medan dr Edwin Effendi MSc,  mencabut kupon doorprize dengan hadiah utama dua unit sepeda yang disediakan oleh Bank Mandiri Syariah. Bahkan Wali Kota sempat melemparkan canda kepada Lisa, warga Medan yang beruntung mendapatkan hadiah sepeda. "Buat olah raga, biar ramping," ucap Eldin disambut tepuk tangan para penonton.

Lain pula cara Dirut RS Pirngadi Medan. Dia mencabut nomor undian setelah mengajak masyarakat bergoyang dengan lagu "Terajana".   Di sela-sela kegiatan itu, Edwin mengaku sangat bangga mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Car Free Day kali ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat sesuai dengan tugas dan fungsi RS Pirngadi yakni menciptakan masyarakat yang sehat. "Karena itu kita mengerahkan kemampuan untuk menyukseskan kegiatan ini. Kita jalin kerja sama dengan kalangan pendidikan, dunia usaha, maupun perbankan, Dan alhamdulillah, semua bisa berjalan dengan baik," ungkapnya. (wagianto)

Posting Komentar

Top