0
MEDAN | GLOBAL SUMUT- Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSi melantik Purna Irawan ST sebagai Direktur Perusahaan Daerah (PD) Aneka Industri dan Jasa Sumut periode 2015-2019 di kantor PD AIJ Jalan Putri Merak Jingga No.3, Jumat (24/4) Medan.

Pelantikan Purna Irawan ST sebagai Direktur PD AIJ Sumut periode 2015-2019 berdasarkan keputusan Gubernur Sumut nomor 188.44/141/2015 tanggal 20 Maret 2015 yang disaksikan oleh asisten administrasi umum dan aset sekdaprovsu Drs H Mhd Fitriyus SH MSP dan Kepala Biro Perekonomian Setdaprovsu Drs H Bondaharo Siregar serta dihadir Plh Sekdaporsu Hj R Sabrina dan beberapa Dirut BUMD Sumut juga seluruh karyawan PD AIJ Sumut.

Dengan dilantiknya Direktur PD AIJ Sumut, Gubsu meminta Purna Irawan ST, melaksanakan kewajiban dan wewenang sebagaimana diamanatkan dalam Perda  Provinsi Sumut Nomor 26 tahun 1985 tentang PD AIJ yang telah diatur kewajiban dan wewenang Direktur sehingga dapat membangun hubungan yang harmonis dengan badan pengawas sehingga perusahaan dapat tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang sehat.

"Aneka artinya beragam jadi PD Aneka dan Industri ini tidak berhenti sebagai sebuah nama saja," ujar Gubsu.

Maka untuk menyehatkan perusahaan ini, Gubsu meminta kepada Direktur yang baru dilantik untuk melakukan langkah-langkah, yakni Restrukturisasi manajemen PD AIJ, menginventarisir, mengamankan dan mengoptimalkan pengelolaan aset-aset yang dimiliki PD AIJ serta mencari sumber tambahan pendapatan baru bagi perusahaan.

Untuk melaksanakan hal-hal tersebut,lanjut Gubsu  maka harus dilakukan dengan tahapan evaluasi menyeluruh, membuat rencana penyehatan, membuat langkah-langkah stabilitasi dan penyiapan arah pertumbuhan bisnis perusahaan.

"Banyak sebanarnya aset pemprovsu yang dibawah otoritas aneka industri dan jasa, maka dengan ini saya tegasnya untuk berkoordinasi dengan biro perlengkapan Provsu untuk menginventarisir dan mengamankan serta mengelola aset aset yang ada," pintanya.

Sementara itu, Direktur PD AIJ Sumut, Purna Irawan ST menyampaikan sesuai arahan dan penegasan Gubsu, dirinya berjanji akan memaksimalkan segala potensi yang ada di PD AIJ Sumut agar dapat berkembang dengan baik.

"Kita melihat PD AIJ ini personilnya banyak, ada sekitar 66 orang, maka akan kita evaluasi dan akan kita maksimalkan personel yang ada untuk ditempatkan di sesuai dengan skilnya masing-masing," ujarnya.

Kemudian, lanjut Purna Irawan, bahwa PD AIJ ini merupakan perusahan yang usianya cukup lama,  namun sampai hari ini hanya unit usaha Percetakan saja yang berjalan.

"Kedepan kita berharap percetakan ini bagaiman bisa maksimal. Karena selama ini dengan jumlah tanaga yang begitu banyak tapi percetakan yang sedikit. Inikan kan membuat tidak efesien jadi bukan mengurangi karyawan tapi bagaimana memaksimalkan potensi mereka," tegasnya.

Jadi, kedepan kami benar-benar akan membuat  bagaimana produk PD AIJ itu sendiri memang betul- betul maksimal yakni jumlah produksinya besar sehingga biaya kos bisa tertutupi serta memdapatkan penghasilan yang maksimal. 

"Sekian lama dari segi usia  tapi yang bertahan sampai saat ini hanya percetakan. Kedepan akan ada unit unit usaha baru yang akan dibentuk," harapnya.

Jadi, ditegaskannya lagi, bahwa kedepan dirinya akan akan memperkerjakan karyawan itu sesuai skillnya. kemudian dirinya juga akan coba evaluasi tentang penempatan karyawan sesuai skillnya.

"Selain itu kita akan melakukan penguatan marketing. Ini adalah perusahaan Industri dan Jasa bukan pegawai Pemprovsu dan kita adalah badan usaha. Jadi penguatan marketing itu harus maksimal,"tegasnya.

Dia juga menceritakan dulunya, PD AIJ mempunyai banyak unit unit usaha seperti unit usaha bisokop, unit usaha pabrik es batu juga unit usaha pabrik batu bara serta toko buku dan lainnya.

"Ini semua tutup. Akhirnya sekarang terbengkalai. Maka kedepan kita akan memaksimalkan aset-aset yang ada agar dibuat unit-unit usaha baru. dari gambaran awal kita akan bangun kerjasama yang sinergi dengan PD Perhotelan," tutupnya.(ulfah)

Posting Komentar

Top