0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Upaya menertibkan dan penindakan segala bentuk kejahatan penyakit masyarakat (Pekat) Poldasu menggelar Operasi Pekat Toba I 2015. Sedikitnya ada 8 Satuan Wilayah yang menjadi daerah prioritas Operasi, satu wilayahnya adalah Polresta Medan. Daerah imbangan Operasi dilaksanakan di 19 Satwil Jajaran Poldasu yang melibatkan 230 personel. Dengan rincian 180 personel yang berasal dari Satwil prioritas ditambah 50 personel Satua Polda Sumut.

Operasi tersebutt akan digelar selama 15 hari ini merujuk pada penindakan premanisme, perjudian, tindak asusila, minuman keras, narkoba dan prostitusi yang meresahkan masyarakat selama ramadan. Hal ini disampaikan  Kabid Humas, Kombes Pol Helfi Assegaf, Senin (15/6/2015). "Operasi yang dimulai pada 10 Juni 2015 hingga 15 hari ke depan akan mengedepankan kegiatan represif didukung kegiatan preemtif dan preventif," terangnya.

Dikatakan, sasaran sasaran Operasi Pekat, tindak premanisme yang akan ditindak antara lain, oknum yang mengaku sebagai PS (Pemuda Setempat) yang meminta uang jaminan keamanan (pemerasan). Biasanya oknum premanisme berdalih melakukan kegiatan pelantikan atau ulang tahun salah satu OKP dan Ormas yang kemudian meminta sumbangan secara paksa disertai ancaman.

Lebih lanjut, pihaknya juga akan menindak home industry Miras tanpa izin. Pelaku pengoplosan bahan/zat tertentu dengan perbandingan tertentu sehingga menghasilkan Miras illegal. Dan menindak penjual Miras di tempat-tempat hiburan atau kafe tanpa izin. Selanjutnya kasus lainnya yang tak kalah banyak adalah pelaku prostitusi dengan modus menjajakan diri di jalanan, transaksi seksual di tempat hiburan atau lokalisasi, hususnya melakukan pemesanan PSK yang diinginkan melalui mucikari atau perantara terselubung.

"Selain itu yang dimaksud dalam kasus prostitusi atau pelanggar asusila adah melakukan kerjasama antara PSK dengan manager/reception hotel, losmen untuk menerima orderan dengan tarif yang telah ditentukan, keseluruhannya bakal ditindak dan menjadi sasaran Operasi." Ucapnya(ulfah)

Posting Komentar

Top