0
Warga Lingkungan 11 Kampung Nelayan Kelurahan Belawan Sicanang, Gembira atas pembagunan jalan, steiger jalan dan drainase
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Warga yang tinggal dilingkungan 5,9,11, 14, 15 16, 17 dan 19 Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan, saat ini menyambut antusias  perbaikan infrastruktur berupa jalan,  drainase dan steiger jalan di lingkungan mereka kepada pemerintah. Selasa (1/9/2015).

Rusmiono (45) warga Jalan Tambak Kampung Nelayan  lingkungan 11 saat ditemui media ini di lokasi mengatakan sangat gembira atas adanya perbaikan jalan serta perbaikan drainase di lingkungannya.

Lingkungan 11 Kelurahan Belawan Sicanang adalah lingkungan yang terkumuh disini, sebab selama berpuluh-puluh tahun jalan kami disini tidak pernah tersentuh oleh pembangunan.

Dulunya jalan kami disini selalu terendam air kalau musim pasang laut tiba dan kami warga yang tinggal diatas rumah panggung yang selama ini hanya mengandalkan jalan darurat dengan memakai papan kayu seadanya sekarang sudah menjadi jalan Steiger yang sudah dibeton. ucapnya.

"Kami warga disini tidak malu mengakui bahwa di Kelurahan Sicanang ini, lingkungan kampung nelayan ini (lingkungan 11-red)  adalah lingkungan yang terkumuh di Kelurahan Sicanang, dulu saja  kalau pasang besar tiba , airnya mencapai setinggi pinggang orang dewasa, untuk itu kami ucapkan terimah kasih kepada pemerintah atas perbaikan jalan, drainase dan jalan steiger ini dan juga kepada P2KP Kelurahan Sicanang yang sudah membuatkan 2 buah sumur bor kepada kami warga disini yang memang belum terjangkau oleh air bersih". ujar pria tersebut penuh haru.

Lebih lanjut dikatakannya, Kedepan  kami juga tetap mengharapkan dukungan dan bantuan pemerintah untuk pengembangan SDM khusunya  kaum perempuan dan ibu berupa ketrampilan, pengembangan SDM nelayan karena kami disini rata-rata bekerja sebgai nelayan tradisonal berupa pengadaan alat tangkap ikan  serta dukungan pemerintah atas wisata manggrove yang telah dibuat para warga disini yang sudah menanami sebanyak 4000 batang pohon mangrove. tambahnya.

Warga lainnya,  Mujiem (55) warga kampung nelayan lingkungan  11 juga menyambut gembira atas adanya pembangunan  jalan steiger sepanjang 100 meter menuju kerumah-rumah panggung milik  warga nelayan Sicanang tersebut.

"Kami sudah tinggal disini lebih dari  30 tahun pak dan selama itu lah kami merasakan dampak air pasang laut, apalagi untuk mendapatkan air bersih kami harus mengeluarkan uang  5 ribu setiap harinya, maka itu kami sangat berterimah kasih atas perhatian dari pemerintah yang sudah membangun jalan steiger beton kerumah panggung kami dan kepada P2KP yang juga membangun 2 buah sumur bor". ucapnya.

Sementara masyarakat lainnya, Siti Rahmah yang juga akrab disapa Bunda yang dikenal aktif dalam kegiatan sosial di Kelurahan Sicanang, saat ditemui media ini juga meyambut gembira atas adanya perbaikan jalan sepanjang 4 Km di Lingkungan  11, 14, 15, 16, 17, 19,  5, dan  9 yang dilaksanakan oleh Distarukim dan pembangunan jalan Steiger yang dilaksanakan oleh pihak Perkim di lingkungan kumuh di kelurahan Sicanang.

"P2KP Kelurahan Sicanang kedepan juga dikabarkan akan mengadakan pembangunan tangkahan nelayan tradisional secara sederhana  di lingkungan 11 kampung nelayan dan pengadaan septi tank terapung untuk warga yang bermukim dirumah-rumah panggung". ucapnya

Untuk memberdayakan warga sicanang, tampaknya juga mereka (pelaksana kerja-red) juga memberdayakan para warga dengan ikut memperkerjakan hampir 80 persen para  warga disini, terimah kasih atas perhatian pemerintah kepada kami warga yang berada di pemukiman kumuh kedepan kami juga tetap mengharapkan bantuan dan dukungannya. harapnya.

Lurah Sicanang Belawan Aidil Yusra ketika dikonfirmasi  juga mengatakan di Kampung Nelayan  lingkungan 11 Kelurahan Belawan Sicanang ada sebanyak 303 KK dengan mata pencaharian sebagai buruh dan nelayan tradisonal. Disana baru kali ini mendapatkan pembangunan jalan  dan drainase dan untuk di kelurahan Belawan Sicanang saat ini data warga tidak mampu sebagai penerima data raskin ada sebanyak 1573 kk.

"Kami sangat bersyukur sekali kepada pemerintah melalui Provinsi Sumut, setelah sekian lama usul diajukan sekarang sudah trealisasi berupa perbaikan infrastruktur jalan, steiger jalan dan drainase hingga ada perubahan disini, kedepan kami  tetap mengharapkan bantuan dari perintah berupa jalan di lingkungan yang lainnya yang hingga kini masih rusak dan pendidikan agar disini benar-benar ada perubahan". Ucapnya.(bu)

Posting Komentar

Top