0
LABURA | GLOBAL SUMUT-Pembangunan pasar tradisonal pasar damuli pekan, Kecamatan Kualuh selatan kabupaten Labuhanbatu Utara(Labura), Provinsi sumatera Utara(Provsu), yang bersumber dari dana DAK+APBD TA 2015 sebesar Rp.1.958.602.000,00 yang dikerjakan CV .MM. Diduga tidak sesuai dengan spesifikasi dalam bestek , terpaksa harus dilakukan pembongkaran cor pondasi pada tiang kolom bangunan, yang dilakukan oleh  Dinas Perindustrian dan perdagangan, yang disaksikan oleh rekanan penyedia barang dan jasa pemenang tender proyek.(Selasa 1/9).

Pembongkaran cor pondasi tiang kolom , pembangunan pasar tradisonal pasar damuli pekan itu dilakukan , karena adanya temuan Ir. Jhon Rinaldy Hutajulu ketua NGO TOPAN AD . Dimana , terdapat dalam cor pondasi tiang kolom bangunan tidak sesuai dengan spesifikasi bestek yang tertuang dalam kontrak kerja yang telah disepakati.Dalamnya cor pondasi pada tiang kolom bangunan, yang seharusnya 85 Cm, namun setelah dilakukannya pengukuran dalam galian cor pondasi kurang 25 cm kedalamannya.

Dengan adanya temuan pada proyek pembangunan pasar tradisional pasar damuli pekan itu, Rinaldy langsung menyampaikan temuan itu pada Isa ansyari ,ST selaku kepala dinas Pekerjaan umum(DPU), laporan itu langsung direspon oleh kadis PU Labura, dan langsung disampaikan pada Syahrul adnan Hasibuan selaku  Kepala dinas Perindustrian dan perdagangan sebagai pengguna Anggaran(PA).  Dinas perindustrian perdagangan langsung turun kelokasi pelaksanaan pembangunan pasar tradisonal pasar damuli, dan akhirnya langsung melakukan pembongkaran pada cor  pondasi tiang kolom sebanyak enam tiang kolom cor pondasi.

Salah seorang mandor bangunan yang dipercayakan oleh penyedia barang dan jasa pemenang tender proyek mengatakan pada GLOBALSUMUT.COM dilokasi proyek , kita juga mengucapkan terimakasih pada Rinaldy Hutajulu atas temuannya pada proyek pembangunan pasar tradisional, dan sudah kita lakukan pembongkaran cor pondasi tiang kolom sebanyak enam tiang.

“memang kedalaman cor pondasi tiang kolom itu dalam bestek sekitar 85 Cm, dan pada sloft cor pondasi dan tiang kolom memang, ada kesalahan , sehingga dilakukan pembongkaran”.

Syahrul Adnan Hasibuan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan , belumdapat dikonfirmasi GLOBALSUMUT.COM, namun salah seorang kepala seksi Disperindag Tumpal Siregar mengatakan pada GLOBALSUMUT.COM bersama NGO TOPAN-AD “ memang saya sudah dari proyek pembangunan pasar tradisonal pasar damuli pekan , memang sudah dilakukan pembongkaran pada cor pondasi tiang kolom “ katanya Tumpal.

Rinaldy Hutajulu juga sangat menyesalkan sikapnya  Suryadi selaku pengawas yang dihunjuk dinas terkait untuk mengawasi jalannya pelaksanaan pembangunan pasar tradisional pasar damuli pekan, akibat lemahnya pengwasan yang dilakukan oleh pengawas , maka berdampak kurangnya mutu pembangunan dan terjadilah pembongkaran pada proyek tersebut. Kata Rinaldy(M.barus/Parel Napitupulu)

Posting Komentar

Top