0
Dua Kapal Patroli BC Tabrak Bangkai Kapal Satu Tenggelam, Satu Kandas
BELAWAN  | GLOBAL SUMUT-Dua unit kapal patroli milik Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bernomor lambung BC 9002 dan BC 7003 menabarak bangkai kapal di alur masuk Pelabuhan Belawan disekitar perairan buy 1. Kamis (19/11) siang sekitar pukul 11.00 wib.

Akibatnya satu dari dua kapal itu yakni KP BC 9002 tenggelam dan KP BC 7003 kandas. Sedangkan seluruh kru kedua kapal naas tersebut  selamat setelah mendapat pertolongan dari KRI Cut Nyak Din milik Lantamal I Belawan.

Kasubgang Humas Kanwil BC Sumut Edi Syahputra membenarkan adanya peristiwa tersebut dan pihaknya sedang melakukan upaya efakuasi terhadap kedua kapal.  Disinggung tentang penyebab kapal tenggelam, Edi tidak bersedia memberikan keterangan dengan alasan masih dalam penyelidikan. "Kita masih lakukan penyelidikan dan datanya masih di Kabid P2, sabar ya," katanya saat dihubungi wartawan.

Sementara itu, Kabid Penindakan Penyidikan Rizal mengatakan kedua kapal tersebut merupakan kapal patroli pusat yang di BKOkan bertugas di Belawan dan Aceh. "Kedua kapal itu dalam keadaan patroli atau bertugas dan menabrak bangkai kapal yang ada di alur," katanya. 

 Selanjutnya, untuk mengisi kekurangan kapal patroli di Belawan dan Aceh, BC akan menempatkan kapal penggangi dari Asahan. "Kapal kita masih ada di Asahan dan itu sebagai penggangti kapal yang tenggelam ini," sebutnya.

Sementara itu, Humas Syahbandar Pelabuhan Belawan Munasir mengatakan pihaknya sudah menempatkan tanda (rambu laut-red) di sekitar bangkai kapal dan lokasi kecelakaan bukan di dalam alur. "Bahkan kita sudah membuat maklumat atau pengumuman mengenai hal itu dan diumumkan hingga ke internasional," tampiknya. (red)

Posting Komentar

Top