0
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Kapal penumpang KM.Kelud milik Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI), Pada senin (9/11/2015) sekira pukul 09.00 Wib telah sandar dengan sukses di terminal penumpang pelabuhan belawan lama, Kapal penumpang tersebut seterusnya akan sandar di dermaga pelabuhan belawan lama yang baru di bangun PT.Pelindo I tersebut.

Demikian disampaikan Generala Manager PT Pelindo I Cabang Belawan Sahat Parawira Tambunan, saat menyaksikan sandar perdananya KM Kelud di terminal baru Belawan. Setiap kedatangan KM Kelud di Pelabuhan Belawan tetap sandar di terminal baru tidak lagi di Ujung Baru Pelabuhan Belawan supaya diketahui masyarakat, menaikan serta menurunkan penumpang tetap di pelabuhan belawan lama.Tidak ada lagi perubahan lokasi sandar KM Kelud karena semua pasilitas sudah dilengkapi di terminal yang baru ini , ungkap Sahat.

Capten Harnoko, Pandu dari Pelindo I cabang Belawan yang bertugas memandu merapatkan kapal KM.Kelud di dermaga terminal penumpang yang baru itu mengatakan, saat dirinya bertugas memandu kapal, sampan-sampan nelayan tidak ada yang hilir mudik melintas haluan kapal sehingga pemanduan kapal KM.Kelud ke dermaga berjalan lancar.

“Kapal penumpang KM.Kelud yang dipandu dari lampu I perairan Belawan dan memasuk kolam pelabuhan Belawan, hingga sandar ke dermaga terminal penumpang pelabuhan yang baru ini, adalah kapal terpanjang dengan ukuran 145 meter,” ungkap petugas Pandu yang telah bertugas di Pelindo I cabang Belawan, memandu kapal sejak tahun 1993 itu.

General Manager Pelni Shipping Lines Medan Buddi Santoso mengatakan tidak ada lagi kendala KM Kelud sandar di terminal baru. Hanya saja masih banyak yang harus dibenahi sebab Sungai Nonang belum steril dari bangkai kapal dan karang di tikungan Sungai Nonang. Pihak PT Pelni Cabang Medan tidak mempersoalkan lokasi sandar KM Kelud kalau sudah dapat izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan PT PELNI (Pelayaran Nasional Indonesia) Pusat sebagai instansi pengoperasian kapal.

Selama ini sebenarnya tidak ada polimek terkait keterlambatan KM Kelud diberikan izin sandar di terminal baru. Sungai Nonang selama belum diyakini dapat dilintasi KM kelud sehingga diberi tenggang waktu kepada Pelindo I untuk melakukan survey supaya KM Kelud nyaman melintas di Sungai Nonang hingga sandar di Dermaga Terminal yang baru, kata Buddi.

Roswita, SH, selaku Menejer Hukum & Humas Pelindo I cabang Belawan mengatakan, kapal penumpang KM.Kelud yang tiba dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, via pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan Pelabuhan Sekupang Batam, menurunkan penumpang sebanyak 670 orang dan kapal akan berangkat, Selasa (10/11/2015) dari pelabuhan Terminal Penumpang kapal yang baru. (abu)

Posting Komentar

Top