0
Jelang Tahun Baru, Ribuan Pemudik Tiba di Pelabuhan Belawan
BELAWAN | GLOBAL SUMUT-Ribuan penumpang mudik liburan Natal dan Tahun baru yang menggunakan jalur angkutan laut, memadati terminal Pelabuhan Lama Belawan saat Kapal Motor (KM) Kelud bersandar, Selasa (29/12) Sore. 

ACS Humas Pelindo 1 Eriansyah mengatakan, kesiapannya dalam melayani Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, Kesiapan itu dilakukan dengan pemantauan pada delapan cabang pelabuhan dan tiga kawasan pelabuhan milik Pelindo I, yaitu Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Sibolga, Pelabuhan Gunung Sitoli, Pelabuhan Tanjung Balai-Asahan, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Bengkalis, Pelabuhan Selat Panjang, Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Pelabuhan Tanjung Pinang, Pelabuhan Tembilahan, dan Pelabuhan Sei Kolak Kijang di Bintan, Kepulauan Riau “ Katanya. 

Kunjungan kapal penumpang akan mendapatkan prioritas sandar di terminal penumpang dan di luar terminal penumpang, jika ada kunjungan kapal secara bersamaan, penyiapan fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang milik Pelindo 1 juga terus dilakukan, mencakup fasilitas embarkasi dan debarkasi serta fasilitas bongkar muat, operasional serta keamanan dengan tim monitoring bersama pihak terkait “ Ucapnya. 

Fasilitas embarkasi dan debarkasi yang kami siapkan meliputi dermaga khusus untuk kapal penumpang, gedung terminal penumpang, dan ruang pengantar penjemput maupun ruang informasi, lapangan parkir kendaraan pengantar dan penjemput, serta rambu-rambu arah embarkasi/debarkasi penumpang, Guna mengantisipasi lonjakan arus barang sembako di pelabuhan, juga telah dipersiapkan fasilitas pelabuhan antara lain kesiapan dermaga, sispro (sistem dan prosedur) pelayanan kapal sembako, gudang dan lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan dan kesiapan informasi dan teknologi (IT) “ Jelasnya. 

Fasilitas umum tambahan juga akan disiapkan seperti tenda, toilet, dan media informasi kepada penumpang, pengantar/penjemput seperti sound system, spanduk, banner, dan leaflet informasi, Selain itu selama tahun 2015 ini, Pelindo 1 juga telah melakukan pembenahan terhadap terminal penumpang yang dikelolanya, seperti penambahan fasilitas Automatic Gate di Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun “ jelas Eriansyah saat mendampingi Anggota DPD RI Parlindungan Purba meninjau penumpang KM Kelud di Pelabuhan Belawan selasa (29/2).

Sementara itu Kepala PT Pelni Cabang Medan, Budi Santoso,mengatakan ribuan penumpang tersebut diangkut dengan menggunakan Kapal Motor (KM) Kelud dan mereka turun dengan tertib, aman, lancar di Pelabuhan Belawan.
Kedatangan para penumpang dari Pulau Jawa dan Pulau Batam itu, menurut dia, untuk merayakan Tahun Baru 2016 Nanti di kampung halaman mereka masing-masing di daerah Sumatera Utara.
KM Kelud mengangkut 2.736 penumpang dari Pelabuhan Sekupang Batam-Tanjung Balai Karimun dan tiba di Pelabuhan Belawan.
Sedangkan, penumpang dari Pelabuhan Belawan yang bertolak ke Batam mencapai sebanyak 1.848 orang.
PT Pelindo 1 mendukung kelancaran mudik Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 dengan menyediakan bus gratis untuk para pemudik dari Pelabuhan Belawan ke Terminal Amplas dan Terminal Pinang Baris mau pun sebaliknya. 

GM PT Pelindo 1 Cabang Belawan Sahat Tambunan melalui Humas PT Pelindo 1 Cabang Belawan Roswita mengatakan Setiap penumpang kapal yang akan naik ke kapal harus melalui Automotic Gate dan tiket kapal juga di-scan di Automotic Gate tersebut, sehingga penumpang tidak bisa mempergunakan tiketnya kepada penumpang lain untuk naik ke atas kapal, Dalam waktu dekat, Pelindo 1 juga akan memasang fasilitas Garbarata Pelabuhan Belawan.

Garbarata ini akan mempermudah penumpang KM Kelud yang akan naik maupun turun dari kapal sehingga para penumpang tidak perlu melintasi dermaga pelabuhan lagi “ Katanya. 

Roswita menuturkan, Untuk monitoring Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 ini akan dibentuk posko monitoring dan tim pemantau kesiapan pelayanan di setiap cabang pelabuhan, yang merupakan posko bersama dan beranggotakan Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Pelindo 1, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kesehatan Pelabuhan.

Tim ini akan bertugas memantau kegiatan embarkasi dan debarkasi, memantau bongkar muat barang, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian trafik, dan pusat informasi serta pelaporan “ Tuturnya 

Roswita menjelaskan, Tim Monitoring dan Pelayanan Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 bertugas mulai 10 Desember 2015 sampai 10 Januari 2016.

Untuk pusat informasi dan pelaporan, Pelindo 1 menyediakan media pelaporan melalui email korporat: poskonatal@pelindo1.co.id dan video conference yang ditempatkan di Kantor Kesyahbandaran guna memonitoring langsung dengan Pusat Pengendalian Angkutan Natal dan Tahun Baru Kementerian Perhubungan Jakarta dan menetapkan kontak person masing-masing pelabuhan “ Jelasnya.

Roswita menambahkan, Kami tidak hanya memastikan kesiapan seluruh fasilitas untuk kelancaran arus barang, tapi kami juga memastikan keamanan dan keselamatan penumpang jelang Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 dengan koordinasi bersama pihak terkait, berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran agar kapal penumpang tidak sandar pada malam hari dan mengkoordinasikan adanya moda angkutan lanjutan seperti bis “ Tambahnya.(abu).

Posting Komentar

Top