0
TANJUNG BALAI | GLOBAL SUMUT-Meski hujan dikota Tanjungbalai  tidak berlangsung cukup lama, diperkirakan hanya sekitar setengah jam, akibat selokat atau parit tumpat, jalan Pahlawan kelurahan Pantai burung tergenang air  kondisi ini disebabkan Saluran drainase yang tumpat, Jumat (30/1) sekitar pukul 06.30 Wib.

Menurut salah seorang warga sekitar, Hasan, banjir tersebut disebabkan oleh tidak berfungsinya dengan baik drainase, akibatnya air hujan yang turun, lambat mengalir, “ Pasir lumpur dan sampah yang menyumbat, sudah lama tidak dibersihkan cemano ondak mangali air nyo ,” katanya berlogat Tanjungbalai melanjutkan, untung tidak lamo kalau lamo hujam dimungkinkan rumah dinas ketua Pengadilan Negeri TBA yang berada didekatnya pasti banjir, Ucapnya berlalu.

Hal senada juga dikatakan Iwan,  jika hujan turun maka jalan tersebut dipastikan banjir dan becek  “Jika hujan turun maka jalan ini akan digenangi air. Karena saluran drainase tumpat dan membuat air meluap ke badan jalan,” katanya.

Iwan  juga mengakui bahwa banjirnya badan jalan tersebut akibat kurang pedulinya Pemko Tanjungbalai Cq Dinas Kebersihan terhadap keadaan selokan atau riol yang ada dikiri kanan badan jalan. Sehingga, sudah banyak selokan atau riol di inti kota yang tidak berfungsi lagi, gara-gara tertimbun sampah maupun pasir.

Iwan  menambahkan, kondisi tersebut sudah terjadi lebih dari setahun. Namun belum ada tanda-tanda dari pemerintah untuk melakukan perbaikan drainase yang tumpat.  “ Lebih setahun macam begini di sini bang, tak ada ku tengok dilakukan pengerukan atau pembersihan drainase yang tumpat dari dinas terkait, akibtanya, setiap hujan turun, air terus menggenangi badan jalan,” Ucapnya.

Warga berharap, agar Walikota Tanjungbalai memalui Dinas terkait, segera memerintahkan anggotanya untuk melakukan pembersihan saluran air tersebut dari tanah, lumpur, pasir dan sampah sehingga genangan air tidak terjadi lagi.

Pantauwan dilapangan, tumpatnya drainase dan banyaknya sampah membuat genangan air  merendam badan jalan Pahlawan, Kel. Pantai Burung, Kec. TB-Selatan Kota Tanjungbalai.(HS.SIAGIAN)

Posting Komentar

Top