0
MEDAN | GLOBAL SUMUT-Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menyalurkan zakat Pemko Medan kepada 3.500 warga kurang mampu yang berkumim di Kecamatan Medan Belawan, Medan Labuhan dan Medan Marelan, Sabtu (25/6). Penyaluran zakat ini dilakukan dalam ranga untuk membantu meringankan warga kurang mampu dalam menjalani ibadah puasa sekaligus menaymbut Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Zakat itu disalurkan dalam bentuk paket, masing-masing paket berisi 5 kg beras, 2 kg gula pasir dan 2 kg minyak goring ditambah uang sebesar Rp.100.000. Untuk Kecamatan Medan Belawan, zakat yang disalurkan sebanyak 1.000 paket, Medan Labuhan 1.500 paket dan Medan Marelan juga 1.000 paket.

Di Kecamatan Medan Belawan, penyaluran zakat dilakukan di halaman Kantor Camat Medan Belawan. Penyaluran zakat dilakukan Wali Kota sekitar pukul 08.00 WIB, warga yang menerima zakat umumnya berusia lanjut. Mereka terlihat terharu menerima zakat dari orang nomor satu di Pemko Medan tersebut. Selain mendapat beras, gula pasir dan minyak goring, mereka juga mendapatkan uang.

Saat menyalurkan zakat di Kecamatan Medan Belawan, Wali Kota turut didampingi Asisten Umuim, Ikhwan Habibi Daulay, Asisten Kesejahteraaan Masyarakat, Musadat Nasution, Kadispenda Kota Medan, H M Husni, Kadis Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB), Syampurno Pohan, Kabag Agama dan Pendidikan, Ilyas Halim, Camat Medan Deli Ferry Suheri. Proses penyaluran zakat berlangsung dengan lancar, sebab warga dengan tertib menunggu gilirannya masing-masing.  Dijelaskan Wali Kota,  paket  yang disalurkan ini berasal dari dari hasil zakat, infak dan sedekah dirinya dan keluarga beserta seluruh pejabat di lingkungan Pemko Medan. Penyaluran zakat ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemko Medan setiap bulan Ramadhan, terutama jelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

“Seluruh hasil zakat dikumpulkan dan dijadikan paket untuk selanjutnya disalurkan kepada warga kurang mampu di seluruh kecamatan di Kota Medan. Jumlah paket yang disalurkan berbeda setiap kecamatan, sebab disesuaikan dengan luas wilayah dan jumlah warga kurang mampunya.  Kita harapkan  zakat yang kita salurkan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang menerimanya,” kata Walikota.

Selanjutnya mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini,.mengetuk hati warga yang mampu maupun maupun para stakeholder agar mau menyisihkan sebagian dari hartanya untuk membantu warga kurang mampu, terutama di bulan puasa ini. “ Selain dilipatkgandakan pahalanya oleh Allah SWT, bantuan yang diberikan itu tentunya sangat besar manfaatnya bagi warga kurang mampu , terutama dalam menyambut lebaran,” ungkapnya.

Usai penyerahan zakat di Kecamatan Medan Belawan, Walikota, selanjutnya menyalurkan zakat bagi warga kurang mampu.di Kecamatan Medan Labuhan. Penyerahan zakat dipusatkan di halaman Masjid  Raya Al Osmani.Jalan Kol L Yos Sudarso. Di tempat itu Eldin menyalurkan 1.500  paket zakat untuk .warga kurang mampu ditambah uang Rp100 ribu     

Setelah itu dilanjutkan dengan penyaluran zakat di Kantor Camat Medan Marelan. Sebanyak 1.000 orang warga kurang mampu mendapat paket zakat beserta uang Rp.100 ribu dari Wali Kota. Eldin berharap paket zakat yang diserahkan itu dapat bermanfaat bagi warga kurang mampu yang menerimanya, terutama untuk menyambut sekaligus merayakan Hari Raya Idul Fitri. (GBS/MDN)

Posting Komentar

Top